5 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Kalau Lagi Liburan ke Lombok

Main ke Lombok belum lengkap kalau belum cobain santapan-santapan berikut ini.

5 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Kalau Lagi Liburan ke Lombok
Photo taken from Thegorbalsla

Berada di sebelah timur Bali, Lombok sekarang menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Indonesia, baik untuk turis domestik hingga mancanegara.

Secara garis besar, daya tarik wisata yang ditawarkan oleh Lombok tak jauh berbeda dari Bali, yakni wisata alam dan unsur budaya kedaerahan yang masih kuat. Tempat wisata seperti pantai juga banyak sekali pilihannya di salah satu bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Meski tampak serupa dan sering dimirip-miripkan, tapi Lombok dan Bali tetap tak sama, loh. Perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya adalah komitmen Lombok untuk menawarkan wisata halal, sehingga sering disebut sebagai destinasi wisata halal terbaik di Indonesia.

Nah, omong-omong soal wisata nih, kurang lengkap rasanya kalau belum melibatkan kuliner khas dari destinasi wisata yang dipilih.

Untuk Lombok sendiri yang katanya punya komitmen untuk mempromosikan branding wisata halalnya, wisata kuliner yang ditawarkan pun punya ciri khas tersendiri. Umumnya, kuliner khas Lombok terkenal dengan cita rasa pedas. Hmmm, ini bukan mengada-ada ya, mentang-mentang namanya mirip-mirip lombok alias cabai.

Tapi jangan khawatir. Biarpun pedas, cita rasa kuliner khas daerah Gunung Rinjani ini juga bisa banget bikin ketagihan. Makanya wajar deh, kalau kamu belum bisa disebut pernah main ke Lombok kalau belum pernah mencoba santapan-santapan berikut ini.

Plecing Kangkung

Dokumentasi plecing kangkung dari wartantb.com

Sebagaimana namanya, makanan jenis sayur-sayuran yang satu ini adalah kombinasi antara kangkung dan kecambah yang sudah direbus. Setelah itu, rebusan sayur-sayuran tersebut dicampurkan ke dalam sambal plecing yang dibuat dengan bumbu-bumbu tertentu.

Nah, kreasi sambal plecing inilah yang jadi penentu seberapa pedas nanti plecing yang dihasilkan. Sambal plecing sendiri merupakan hasil olahan beragam bahan yang diulek hingga tercampur merata. Bahan-bahan yang dimaksud ialah:

  • Cabai
  • Terasi bakar
  • Garam
  • Tomat
  • Kacang tanah goreng
  • Jeruk sambal
  • Gula merah

Setelah diulek hingga halus, sambal plecing ini bisa dicampurkan dengan kangkung dan kecambah yang sebelumnya telah direbus. Boleh juga loh menambahkan lontong, tempe, dan tahu, agar jadi seperti makanan utama pada umumnya.

Di Lombok atau daerah Nusa Tenggara Barat sendiri, plecing kangkung biasa dinikmati dengan kerupuk. Wah, buat jadi menu makan siang di hari yang terik, pasti pas banget nih.

Nasi Puyung

Dokumentasi foto nasi puyung oleh goodindonesianfood.com

Kalau melihat bentuk bungkusannya sekilas, kamu mungkin akan menyebut ini nasi kerucut. Yes, guys. Sepintas, nasi puyung tampak seperti nasi bungkus dengan bentuk pengemasan yang menarik seperti kerucut dari daun pisang atau kertas nasi modern yang biasanya.

Eits, kemenarikan kuliner yang satu ini bukan hanya dari bentuk pengemasannya yang unik. Dari segi rasa juga tak kalah nikmat tentunya.

Nasi puyung adalah sebungkus nasi yang didampingi oleh kreasi lauk-pauk dan sayuran yang kaya akan rempah-rempah termasuk cabai. Dalam sebungkus nasi puyung, kamu bisa menemukan ayam suwir, tumis kacang panjang, kacang kedelai goreng, juga parutan kelapa goreng.

Ada juga loh, warung nasi puyung yang menambahkan udang kering alias ebi ke dalam seporsi penyajiannya.

Poin menagihkan dari nasi puyung ini terletak pada paduan rempah-rempah yang dikombinasikan untuk membumbui lauk-pauk dan sayurannya. Meski terasa pedas dengan sambal gorengnya yang khas, cita rasa kuliner Lombok yang satu ini dijamin akan bikin ketagihan deh.

Sate Rembiga

 
Apa yang pertama kali terlintas di kepala kamu kalau mendengar kata sate?

Mayoritas mungkin akan langsung membayangkan sate ayam atau kambing dengan bumbu kacangnya yang menggiurkan.

Hehehe, lain lagi loh, sama sate rembiga. Sate yang satu ini malah tidak mengandalkan bumbu kacang sama sekali.

Mulanya, daging sapi yang digunakan untuk membuat sate akan ditumbuk hingga empuk. Setelahnya, barulah daging tersebut dibaluri dengan kombinasi bumbu-bumbu mentah lainnya.

Biarkan hingga beberapa jam agar bumbu meresap sempurna. Kalau dirasa sudah cukup meresap, tinggal dibakar deh.

Meski sekilas penyajiannya tampak kering, jangan remehkan resapan bumbu pada setiap potong dagingnya. Dengan tetap mempertahankan cita rasa pedas khas Lombok, kuliner daging yang ini juga tidak kalah lezat, apalagi kalau disajikan dengan nasi hangat.

Beberuk Terong

Dokumentasi foto beberuk terong diambil dari twitter.com

Kembali lagi ke menu sayur-sayuran.

Kuliner yang satu ini berbahan utama terong bulat. Berbeda dengan plecing yang sayur-sayurannya harus direbus terlebih dahulu, beberuk terong justru disajikan dalam keadaan mentah—kurang lebih seperti menu lalapan.

Meskipun disebut mentah, sayur-sayuran termasuk terong dan olahan sambal yang telah dihaluskan dan dicampur rata, selanjutnya dilumuri dengan minyak goreng yang telah dipanaskan selama beberapa saat.

Walau tampak sederhana, sajian ini tidak kalah segar dengan campuran tomat dan bawang merahnya. Dengan sedikit campuran air jeruk sambal dan daun kemangi, beberuk terong siap menemani santap siang kamu dengan nikmat.

Ayam Taliwang

Dokumentasi foto diambil dari travelingyuk.com

Walaupun banyak ditemui di Lombok, namun menu yang satu ini sebenarnya berasal dari masyarakat Taliwangsalah satu daerah di Sumbawa Barat—yang bermukim di Lombok. Masih sesama daerah Nusa Tenggara Barat juga kok. Wajar kalau kelezatan kulinernya menyebar sampai ke wilayah seberang.

Ayam Taliwang adalah sebuah menu ayam bakar yang memiliki kekhasan terutama pada penyajiannya. Tidak seperti ayam bakar lainnya yang hanya sekadar dibakar dengan bumbu tertentu, ayam taliwang biasanya juga disajikan dengan sambal atau saus yang khusus.

Selain populer, kuliner ini juga terkenal mahal di wilayah Nusa Tenggara Barat karena biasanya dijual dengan hitungan per satu ekor ayam yang bisa dipilih jenisnya; ayam kampung atau ayam potong. Jenis ayam yang dipilih menjadi salah satu alasan utama kenapa menu ini disebut mahal oleh warga sekitar.

Karena termasuk makanan super berat, biasanya di warung-warung, seporsi ayam taliwang disajikan bersama menu lainnya seperti plecing kangkung dan beberuk terong. Lengkap juga kan, jadi tidak perlu berkeliling ke lain lokasi untuk mencicipi kuliner khas Lombok lainnya.


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba kuliner khas Lombok ini?

Makanan khas Lombok kebanyakan punya rasa pedas loh. Selagi mencicipi, jangan lupa siapkan minuman segar yang cukup untuk mengantisipasi kepedasan.