5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Mencari Pekerjaan Baru

Jika kalian sudah mengalami kelima tanda di bawah ini, itu artinya sudah saatnya mencari peluang karir yang baru.

5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Mencari Pekerjaan Baru
Photo by Adrian Swancar from Unsplash

Mungkin sebagian dari kamu sedang mengalami kebingungan yang sama, yaitu perlukah keluar atau bertahan di pekerjaan saat ini.

Tenang saja, seseorang yang bergaji 30 juta Rupiah pun bisa merasa demikian, kok. Uang memang bukan satu-satunya ukuran apakah kamu akan merasa nyaman atau tidak di suatu pekerjaan.

Tapi, jika ketidaknyamanan itu disebabkan alasan-alasan berikut ini, mungkin ini saatnya kamu mulai memikirkan langkah kamu selanjutnya. Jangan ragu, resign bukanlah hal buruk jika kamu sudah mengalami hal-hal darurat di bawah ini.


1. Kamu tidak ada waktu untuk memikirkan hal lain. Pokoknya kerja, kerja, kerja!

Bekerja terlalu keras

Oke kawan, bekerja itu hal yang sangat baik. Seperti kata Pram,

"Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri".

Tapi itu bukan berarti kalian harus memusatkan seluruh kehidupan kalian pada pekerjaan. Kerja keras bagai kuda bukan berarti kalian harus kerja keras kayak kuda beneran! Ingatlah, bahwa kalian juga seorang manusia, maka hiduplah sebagaimana manusia.

Bukan sok bijak nih ya, tetapi ketika kalian terlalu sibuk bekerja tanpa memikirkan hal lain, kalian perlahan-lahan akan kehilangan diri dan kehidupan kalian. Kalian jadi tidak ada waktu untuk merefleksikan diri, apalagi berbagi kesenangan bersama orang-orang tercinta, kamu nggak mau kan, bernasib demikian? 

2. Kesehatan fisikmu tidak seprima dulu lagi

Sedang Sakit

Mungkin kalian sering berpikir, "aku kok jadi gampang flu gini ya?" Atau, "ya ampun kok aku sekarang ngangkat segini aja nggak kuat?" Itu semua sebenarnya adalah alarm dari tubuh kalian sendiri bahwa ada yang harus diperbaiki dalam gaya hidup kalian.

Sadar atau tidak, setelah kita menjadi bagian dari angkatan kerja, kita sulit memprioritaskan tubuh sebagai penunjang utama kehidupan. Kita lebih fokus bagaimana agar pekerjaan selesai, tidak kehilangan pekerjaan, menambah penghasilan, dan sebagainya. Tentu saja ketika ada hal yang dinomorsatukan, yang lain akan jadi nomor sekian, kesehatan kalian salah satunya.

3. Kesehatan mental kalian ikut terpengaruh

Ilustrasi orang dengan kesehatan mental terganggu

Apa kalian tahu apa itu penyakit psikosomatik?

Penyakit psikosomatik adalah gangguan fisik yang disebabkan oleh pikiran.

Misalkan, saat kalian stres maka pencernaan kalian sakit. Atau ketika kamu banyak pikiran, kamu pusing berhari-hari. Tapi jangan diremehkan lho, psikosomatik yang dibiarkan berlarut-larut bisa membuatmu sakit yang lebih parah.

Tidak hanya itu, dalam beberapa kasus yang lebih kompleks, stres dikarenakan pekerjaan bisa membuat seseorang menjadi depresi. Kasihan sekali kan, jiwa dan tubuhmu.

4. Kamu banyak melupakan sesuatu

Orang yang gampang lupa

Memang ada beberapa orang yang secara alami memiliki ingatan lemah, tetapi jika kamu merasa dulu kamu tidak sperti ini, maka itu pertanda sesuatu. Banyak lupa bisa dikarenakan terlalu banyak hal yang ada di pikiranmu di saat bersamaan.

Otak kita secara alami akan mensortir informasi yang kita butuhkan atau tidak, jadi ketika kamu sering tiba-tiba lupa, itu artinya pikiranmu sudah terlalu lelah. Jadi jangan balik marah kalau tiba-tiba pacarmu protes karena kamu melupakan tanggal jadian, janji kencan, atau malah lupa ulang tahunnya. Bisa pikiranmu sedang overload dan minta dikurangi bebannya.

5. Lingkunganmu menjadi semakin penuh racun

Komunitas pekerjaan

Jujur aja, nggak mungkin kita menutup mata dengan kondisi di sekitar kita, itu sudah naluriahnya manusia untuk saling merasa terhubung. Nah, tapi kalau terhubung dengan lingkungan yang tidak sehat bagi mentalmu, apa kamu mau terus bertahan? No, jangan sakiti dirimu, apalagi ini menyangkut kesehatan mental juga.

Lingkungan yang buruk tidak akan membuat pribadimu berkembang. Apalagi, lama-kelamaan kamu akan merasa lelah duluan sebelum berangkat kerja. Lingkungan kantor yang baik haruslah ada batas antara kehidupan pribadi dan tidak.

Selain itu, teman-teman yang supportif dan tidak membuat suasana jadi pesimis juga amat penting. Ingat ya, kamu menghabiskan sebagian besar harimu untuk bekerja. Kamu nggak mau kan, hidup bagaikan ikan yang bernapas di air keruh?


Nah, jika kalian sudah mengalami kelima tanda ini, itu artinya sudah saatnya mencari peluang karir yang baru. Mencari pekerjaan baru bukan berarti kalian tidak bersyukur dengan yang ada saat ini, tetapi kita harus tetap realistis guys.

Lagipula siapa sih, yang tidak mau kesempatan lebih baik? Semakin kalian menunggu, kalian pun akan semakin sulit membulatkan tekad untuk keluar dari pekerjaan yang lama. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah cari waktu untuk berpikir dan membangun rencana, bulatkan tekad, cari peluang baru, dan jangan ragu. Tenang saja, habis gelap terbitlah terang, kok :)