6 Aplikasi Wajib yang Perlu Ada di Ponsel Kalian Sebagai Millenial

Kejeniusan para pencipta aplikasi ini tentunya memiliki imbas yang sangat baik bagi efektifitas kegiatan kita semua.

6 Aplikasi Wajib yang Perlu Ada di Ponsel Kalian Sebagai Millenial
Photo by ROOM from Unsplash

Menjadi seorang digital citizen, tentunya merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi kita. Bagaimana tidak, kita punya banyak privilese dibanding emak-bapak, tante-om, dan orang tua terdahulu. Memang apa sih digital citizen itu? 

Oke, kalau merujuk pada definisi Cambridge,

Digital citizen intinya adalah orang yang berkemampuan memanfaatkan internet dan mengoperasikannya dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

Tetapi, secara abstrak digital citizen bisa dibilang generasi Y dan setelahnya yang telah merasakan tumbuh bersama internet dan perkembangan teknologi informasi itu sendiri. Jadi, nenek moyang, mbah, kakek nenek kita bisa disebut sebagai digital imigrants. 


Yang jelas, kita harus banyak bersyukur karena kehidupan kita cenderung lebih mudah. Selain itu banyak kebutuhan kita yang terdorong jadi lebih simpel dan efektif. Nah, buat kalian para millenial atau generasi di bawahnya, ada 6 aplikasi wajib yang perlu ada di ponsel kalian. Apa saja itu?

1. Aplikasi untuk menghubungi dokter

Ilustrasi seorang dokter

Salah satu terobosan teknologi berorientasi sosial adalah jenis-jenis aplikasi seperti ini. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kenyamanan kamu, seperti Alodokter, Halodoc, Klikdokter, dan sebagainya. Aplikasi sejenis ini bukan hanya berimbas pada perkembangan teknologi, tetapi juga menunjang kebutuhan masyarakat.

2. Aplikasi berbelanja

Perempuan sedang memilih pakaian

Selain mempermudah orang yang akan berbelanja, aplikasi semacam Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya ini juga membuka lapangan pekerjaan lebih luas. Aplikasi jenis ini juga tidak sulit untuk dimengerti bagi seseorang yang awam mencoba.

Dan yang pasti, bagi kamu-kamu yang kantongnya tidak terlalu tebal, kamu bisa membandingkan satu jenis barag di banyak toko. Dari pihak penjual atau pembeli, aplikasi berbelanja hemat dalam 3 cara, yaitu waktu, tempat, dan biaya. Selain itu, seseorang yang tidak cukup pandai berpromosi ataupun tawar-menawar secara tatap muka juga ikut terbantu. 

3. MS Office mobile

Telepon genggam

Bagi mahasiswa ataupun kalangan pekerja, aplikasi untuk emmbuat dan melihat file tentunya sangat berguna. Apalagi ketika kamu berhubungan dengan pekerjaan yang sifatnya lekat dengan data atau tulis-menulis. Aplikasi jenis ini tidak perlu membuatmu kerepotan membawa laptop saat bepergian.

4. Adobe Reader

Adobe Reader untuk Smartphone

Selain MS Office mobile, aplikasi pembaca tulisan semacam PDF reader juga wajib banget untuk para kaum pekerja. Cara pengoperasian yang tergolong sangat simpel juga sangat membantu. Dan sebenarnya, untuk orang tua kita yang masih bekerja, aplikasi ini juga tidak rawan menyulitkan saat pertama kali digunakan.

Sebenarnya, aplikasi sejenis Adobe Reader ataupun MS Office mobile juga banyak yang lainnya. Kamu bisa memakai aplikasi merk lain jika memang mereka tidak terlalu memberatkanmu.

5. Aplikasi e-money

Koin ilustrasi e Money

Banyak yang bilang bahwa perlahan-lahan kita semakin meninggalkan kebiasaan membawa uang fisik. Sebaliknya, kita semakin cenderung memebawa e-money. Sebelum hadir merk-merk seperti OVO, bank-bank di Indonesia sebenarnya juga sudah ada memiliki layanan sejenis.

Selain lebih aman dan juga simpel, banyaknya bonus serta keuntungan yang menggiurkan adalah salah satu alasan mengapa millenial mulai berpindah ke gaya hidup ini.

6. Aplikasi manajemen keuangan

Manajemen Keuangan dan Kartu Kredit

Opini-opini bahwa millenial sulit menabung sepertinya juga ikut mendorong mereka untuk mulai menjajal aplikasi untuk memanajemen keuangan. Sebenarnya banyak sekali aplikasi seperti ini yang datang dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri, salah satu aplikasi yang sangaat lengkap dan bisa dibilang nyaman adalah Finansialku.

Layanan untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan membuatnya mirip dengan aplikasi untuk menghubungi dokter, hanya saja ini dalam bidang keuangan. Aplikasi semacam ini memang cukup membantu kita-kiat yang mungkin kesulitan mengerem gaya hidup.


Nah, itu dia kira-kira beberapa aplikasi penunjang kehidupan. Tentunya, selain aplikasi pemesanan ojek dan edit foto, aplikasi-aplikasi di atas juga krusial bagi kita yang sebagian besar kaum produktif.

Yang perlu kamu tahu, tidak banyak aplikasi bermanfaat yang gratis, ada juga sebagian yang berbayar. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Kejeniusan para pencipta aplikasi ini tentunya memiliki imbas yang sangat baik bagi efektifitas kegiatan kita semua. Kira-kira ada terobosan apa lagi ya kedepannya?