6 Kebiasaan yang Ternyata Membuat Laptopmu Cepat Rusak

Mulai sekarang jangan lakukan hal ini lagi ya!

6 Kebiasaan yang Ternyata Membuat Laptopmu Cepat Rusak
Photo by John Schnobrich from Unsplash

Terkadang, saking terbiasanya menggunakan laptop, kita sering tidak sadar memakai seenaknya. Meskipun laptop terlihat kokoh, namun penggunaan yang sembrono tetap bisa merusak komponen di dalamnya. Jadi, hal yang bisa mempengaruhi performa laptop kamu bukan hanya virus saja, tetapi ketidak hati-hatian juga bisa membuat laptopmu cepat pensiun.

Ini sama sekali bukan hal sepele ya, karena ketika kamu tidak menganggapnya serius, kamu bisa keterusan melakukan hal yang merugikan performa laptopmu. Nah, kira-kira apa saja sih kebiasaan yang ternyata membuat laptopmu cepat rusak?

1. Menggunakannya terlalu lama tanpa jeda beristirahat

Laptop touchscreen

Namanya saja gadget ya, meskipun mereka buatan pabrik dan telah melewati uji coba, tetap saja kerusakan bukanlah hal yang bisa diduga. Jika kamu memiliki pekerjaan yang tergolong sangat bergantung dengan laptop, maka kamu perlu mengistirahatkannya juga.

Dan jangan lupa, mengistirahatkan laptopmu di sini tidak hanya sekedar membuatnya dalam mode sleep saja. Dalam 24 jam, kamu harus mengistirahatkannya selama beberapa jam, dan tentunya dalam mode shut down. 

2. Buru-buru menutup laptop setelah lama digunakan

Laptop dan kacamata

Setelah kamu memakai laptop untuk beberapa lama, tentunya laptopmu akan mengalami kenaikan suhu. Setelah selesai menggunakannya, bukan berarti kamu boleh langsung menutupnya. Kamu perlu menunggu beberapa saat sampai hawa panasnya keluar semua.

Meskipun ini membutuhkan kesabaran, tetapi jika kamu rutin lakukan hal ini pasti laptopmu dapat lebih awet. Hawa panas yang tidak keluar dan terbekap dalam keadaan laptop tertutup akan membuatnya cepat rusak. 

3. Memakai laptop di atas kasur atau memangkunya

Memangku laptop

Menggunakan laptop dengan posisi nyaman di atas kasur memang enak banget. Tetapi, ketika kamu membaca manual book laptopmu, pasti di sana disarankan untuk tidak meletakkannya di dekat permukaan yang lebih lunak atau empuk, karena akan menutupi lubang-lubang udaranya. Meletakkan dalam permukaan yang salah akan membuat laptopmu overheat.

Sirkulasi yang baik bagi laptopmu adalah permukaan yang datar seperti meja atau lantai. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pendingin agar suhu laptopmu senantiasa stabil.
Sama dengan kasur, memangku laptop di atas paha juga bukan hal yang bagus.

Ini karena kamu menempatkannya bukan pada area dimana panas laptop bisa keluar dengan baik, akibatnya, panas yang keluar dari laptopmu akan mengendap. Selain buruk bagi laptopmu, memangku laptop sambil menggunakannya sangat lama akan membuat pahamu sendiri kepanasan atau terbakar.

4. Menyambung kabel charger terlebih dahulu dibandingkan menyambungkannya ke sumber listrik

Kabel charger laptop

Memang masih banyak yang bingung mana yang harus didahulukan. Yang benar, kamu harus menyambungkan charger ke sumber listrik, baru menyambungkan ujung lainnya ke laptop kamu. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena, arus listrik ketika kabel ditancapkan pertama kali masih belum stabil, ini tentu berbahaya dan akan merugikan bila ternyata ada arus pendek.

Jadi, sebaiknya kamu harus ingat untuk menyambungkan ke sumber listrik terlebih dahulu. 
Namun, saat kamu mencopotnya, urutannya dibalik. Kamu harus mencopot kabel charger dari laptop terlebih dahulu, kemudian baru kabel yang menancap di sumber listrik. Alasannya sama, untuk menghindari kerugian akibat ketidakstabilan arus listrik.

5. Tidak pernah atau jarang membersihkan laptop

Laptop dan smartphone

Pada dasarnya, semua barang yang kita punya memang perlu dibersihkan, termasuk laptop atau ponsel kamu. Debu-debu halus sangat mudah untuk masuk ke komponen bagian dalam laptopmu. Membiarkan mereka mengendap lama tentu saja sama seperti membuat laptopmu lemot.

Jangan salahkan bila laptopmu lekas panas dan loadingnya makin lama. Setidaknya, kamu perlu membersihkan komponen luar laptop dua kali seminggu dan membersihkan bagian dalamnya sekali dalam tiga bulan.

6. Menempatkan laptopmu di bawah sinar matahari langsung

Ruang kerja yang masuk cahaya

Hal ini juga tidak banyak diketahui. Membiarkan layar laptopmu langsung terekspos cahaya matahari akan menurunkan ketajaman laptopmu. Maka sebaiknya memang kamu menggunakannya di tempat yang teduh. Dan tentunya menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung akan membuatmu kesulitan untuk melihat tampilan layar dengan jelas. 


Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa membuat laptopmu cepat rusak, mulai sekarang jangan lakukan hal ini lagi ya! Jika kamu ingin laptopmu bertahan bertahun-tahun, jangan sepelekan kebiasaan-kebiasaan buruk ini. Karena yang jelas, laptop bukanlah barang yang murah, jadi alangkah baiknya jika kamu menggunakannya dengan bijaksana :)