6 Manfaat Traveling untuk Pengembangan Dirimu

Meskipun untuk traveling kamu membutuhkan biaya, tetapi manfaat yang kamu dapatkan sama sekali tidak bisa diukur dengan uang lho.

6 Manfaat Traveling untuk Pengembangan Dirimu
Photo by Ibrahim Rifath from Unsplash

Barangkali di antara kalian ada yang masih ragu untuk sesekali menyisihkan budget demi liburan atau traveling. Tentu saja ini dapat dipahami karena tidak semua orang bisa mengeluarkan uang untuk bersenang-senang dengan mudah. Tapi, bagi kamu yang sekiranya masih mampu menyisihkan budget liburan, yuk lakukan sekarang selagi sempat.

Liburan ini sendiri sifatnya relatif ya. Kalian tidak perlu harus keluar negeri atau liburan dengan fasilitas yang tergolong lumayan mewah atau bahkan mewah. Kamu juga bisa kok traveling dengan budget yang terbatas asalkan mampu memanajemen keuangan kalian.

Lagipula, bukankah ada istilah backpacker? Lalu, memangnya apa saja sih manfaat traveling untuk dirimu?

1. Travelling Akan Membuatmu Lebih Fleksibel Menghadapi Berbagai Situasi

Traveling membuatmu lebih fleksibel menghadapi situasi

Saat traveling, seringkali ada hal yang tidak terduga muncul. Namun, hal ini akan mengujimu dalam menciptakan solusi dan mampu memegang kontrol. Sebagai buktinya, kamu bisa melihat para travel vlogger memiliki kepribadian yang cukup luwes dan pembawaan mudah beradaptasi. Ini dikarenakan mereka terbiasa menghadapi berbagai situasi di luar prediksi.

2. Mempertajam Insting

Traveling mempertajam insting

Memasuki tempat yang belum pernah kamu kunjungi secara otomatis akan meningkatkan ketajaman seluruh indramu. Kamu juga akan lebih peka terhadap sekitar. Ini dikarenakan ketika tubuhmu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, ia dengan sendirinya menciptakan suatu kondisi yang membantu meningkatkan segala kemampuan tubuhmu.

3. Memperluas Pemahaman Akan Berbagai Sisi KehidupanTraveling - Pemahaman akan kehidupan

 

Seseorang yang mempelajari berbagai macam budaya dan berinteraksi dengan berbagai macam latar belakang, pasti akan lebih kaya dengan pengetahuan. Hal ini juga berimbas baik pada kemampuan untuk menerima segala macam orang dan situasi yang berbeda.

Ini dikarenakan mau tidak mau mereka harus mampu menyesuaikan diri agar tidak bertentangan dengan lingkungan baru, akibatnya mereka lebih arif dalam menerima segala perspektif.

4. Mengasah Kontrol Diri, Manajemen Keuangan, serta Waktu

Mengasah Kontrol Diri

Ketika kamu bepergian, otomatis kamu tidak mau segala yang kamu harapkan hancur hanya gara-gara keteledoranmu kan? Oleh karenanya, traveling akan membantumu bersikap lebih bijak terhadap segala sesuatu terutama keuangan dan waktu.

Ini dikarenakan mau tidak mau kamu harus memastikan agar bisa pulang dengan jadwal yang telah kamu tentukan dan dalam kondisi lancar. Berbagai pengalaman memanajemen perjalanan juga akan membantumu di kesempatan perjalanan lain.

Jadi, kamu tidak akan gagap ketika misalnya harus melakukan perjalanan kantor sendirian. Kamu sudah tahu jalur mana yang harus kamu lakukan agar perjalanan terlaksana dengan baik. 

5. Kesehatanmu Secara Fisik dan Mental Ikut Membaik

Sehat secara fisik dan mental

Memang kita semua pasti butuh yang namanya jeda di sela-sela tegangnya menjalani berbagai kewajiban. Tidak ada salahnya kamu menjadwalkan sebagian waktu untuk berlibur sejenak. Lagipula, tubuh dan mentalmu juga memiliki batas.

Fisik dan mental yang lelah tidak akan membuat hasil kerjamu maksimal, yang ada kamu hanya menghabiskan banyak waktu untuk bekerja tanpa mendapat hasil yang produktif. 

Selain itu, dimana-mana kamu akan membaca bahwa liburan atau relaksasi rutin membuat seseorang memiliki fisik yang lebih kuat.

Ini secara tidak langsung disebabkan karena mental seseorang yang rutin berlibur atau mengambil jeda, memiliki kualitas yang lebih baik. Sehingga, mental yang baik ini mempengaruhi kondisi fisik seseorang menjadi lebih prima juga. 

6. Peningkatan Kreatifitas

Ketajaman pikiran dan daya adaptasi yang tidak sengaja kamu dapatkan melalui traveling akan membuatmu lebih kreatif. Kreatif di sini bukan berarti mampu menciptakan sesuatu yang identik dengan otak kanan.

Kreatif juga bisa berarti kamu menjadi orang yang lebih pandai menciptakan solusi efektif.

Atau, kamu mendapatkan lebih banyak ide untuk pekerjaan dan langkah-langkah hidupmu sepulang dari perjalanan.



Nah, bagaimana menurutmu? Apa kamu juga berpikir demikian? Menyisihkan sebagian uang untuk traveling sama sekali bukanlah pilihan yang buruk. Meskipun untuk traveling kamu membutuhkan biaya, tetapi manfaat yang kamu dapatkan sama sekali tidak bisa diukur dengan uang.

Melalui traveling, kamu akan bisa merefleksikan berbagai hal dalam kehidupan.
Ada baiknya traveling atau liburan juga kamu gunakan untuk mengenal diri sendiri. Kamu bisa menggunakan momen ini untuk berlibur sekaligus berpikir. Terkadang, kita baru bisa menemukan solusi saat kita beranjak dari tempat kita saat ini. Kalau begitu, selamat berlibur :)