Agar Memuaskan, Ikuti Tips Traveling untuk Pemula Berikut Ini!

Tidak perlu cemas meski baru pertama kali!

Agar Memuaskan, Ikuti Tips Traveling untuk Pemula Berikut Ini!
Photo by Simon Rae from Unsplash

Bagi millenial dan gen Z, traveling bukan sekedar kebutuhan tersier lagi. Bagi generasi terdahulu, traveling masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak terlalu pokok dan hanya bisa diraih oleh sebagian orang dengan perekonomian yang lebih mapan.

Namun, seiring berkembangnya pola pikir kaum muda, linier pula dengan semakin dianggap pentingnya kebutuhan rohani dan kesehatan mental, traveling menjadi bagian dari kebutuhan yang perlu diusahakan, meskipun statusnya belum pokok-pokok amat. 

Jika kamu juga mulai berpikir untuk mengalokasikan jadwal dan finansial untuk liburan, ada beberapa tips yang kamu perlukan sebagai pemula. Agar kegiatan travelingmu berjalan lancar dan memuaskan, ini petunjuknya!

1. Tentukan spot wisata mana saja yang akan kamu kunjungi

Tentukan tujuan wisatamu!

Spontanitas total dalam melakukan traveling adalah hal yang patut dihindari. Dalam melakukan traveling, bagaimanapun kamu butuh perencanaan. Spontanitas akan kita keluarkan dengan sendirinya ketika menemui hal tidak terduga dalam perjalanan. 

Oke, jadi yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah mendaftar lokasi mana saja yang kamu tuju. Yang terpenting di sini adalah, kamu perlu mendaftar tujuan mulai dari lokasi pertama hingga terakhir yang akan kamu tuju. Dan mengurutkannya pun tidak sembarangan.

Urutkan mulai dari lokasi yang terdekat dengan penginapanmu, kemudian urutkan lokasi-lokasi selanjutnya mulai yang terdekat dari titik sebelumnya hingga yang terjauh. 


Tapi, ketika kamu menjadwal lokasi-lokasi tujuan, kamu juga perlu browsing website spot-spot wisata tersebut. Kamu perlu melihat jam buka dan jam tutupnya. Sesuaikan dengan lokasi tujuanmu yang lain agar perjalananmu tetap efisien dan kamu tidak diburu waktu saat berkunjung ke tempat tertentu.

Ada tiga alasan mengapa kamu perlu membuat list detil tentang tempat-tempat tujuan ini secara urut, yaitu:

  • Untuk efisiensi waktu
  • Untuk efisiensi transportasi
  • Untuk efisiensi tenaga

Jadi, tentukan lokasi mana saja yang ingin kamu tuju, browsing website-nya, dan terakhir buat rute se-efisien mungkin.

2. Penginapan

Penginapan untuk wisata

Jika kamu mengunjungi kota atau negara yang memang ramai wisatawan, akan banyak sekali pilihan penginapan yang bisa dipilih. Sayangnya, penginapan yang murah meriah biasanya akan terbooking habis jauh hari. Oleh karena itu, jika memang kamu memiliki rencana liburan, alangkah baiknya kamu juga booking jauh hari sebelumnya. 

Karena kamu mungkin akan sibuk berkelana ke barbagai tempat, kamu tidak perlu menginap di tempat yang agak mewah atau terlalu bagus. Asalkan bisa tidur dan mandi dengan nyaman, serta barang-barangmu aman, kamu bisa mencari alternatif penginapan yang biasa-biasa saja. 

Terkadang ada juga beberapa penginapan yang menyediakan kamar sistem dorm atau asrama. Jadi satu kamar akan diisi beberapa orang yang bisa jadi tidak saling kenal. Tapi tenang saja, kamar jenis dorm ini dilengkapi dengan lemari pribadi yang kuncinya bisa kamu pegang kemana-mana.

Jika kamu ingin mencari penginapan yang pas, sebaiknya kamu mencarinya di situs booking, sehingga kamu bisa membandingkan banyak tempat. Selain itu, bisa juga kamu me-review dari dua atau tiga, bahkan lebih situs berbeda. Gunanya, agar kamu bisa tahu mana yang memberikan penawaran terbaik bagi kantongmu. 

Usahakan juga agar kamu mencari penginapan yang lokasinya cukup dekat dengan beberapa spot wisata, sehingga kamu bisa mengeluarkan biaya lebih efisien untuk menuju ke sana. 

3. Traveling di bulan atau musim yang tidak ramai wisatawan

High season low season

Jika kamu liburan ke negara 4 musim, liburan di musim dingin bisa membuat rekeningmu mendadak anjlok. Maka dari itu, kamu bisa menghindari high season seperti itu dan memilih liburan di waktu-waktu yang tidak terlalu ramai wisatawan.

Memang sih, kalau misalnya kamu liburan di musim panas, cuacanya akan cukup menyengat, tapi itu bisa dijadikan alternatif untuk berhemat. Namun, kembali lagi ke keputusanmu, baik itu high season atau low season, berwisata kapanpun bisa jadi pilihanmu. 

Sedangkan kalau kamu ke lokasi wisata dalam negeri, waktu-waktu liburan nasional tentu saja bukan saran yang baik untuk traveling. Misalnya, di akhir tahun, waktu liburan sekolah, pasca Idul Fitri, saat Natal, dan sebagainya. Oleh karena itu, jika kamu tergolong karyawan kantoran, sebaiknya ambil cuti liburan di hari-hari sibuk kerja.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu ambil jika memilih waktu seperti ini:

  • Hemat biaya penginapan dan sewa kendaraan, karena pada musim liburan harga keduanya melonjak drastis
  • Tempat wisata tidak terlalu penuh, jadi kamu bisa lebih santai dan tidak antre terlalu lama
  • Menemukan tiket kereta, pesawat, atau yang lain, dengan sedikit lebih mudah, karena saat musim liburan perebutan tiket seperti hunger games

4. Temukan tempat makan alternatif dengan menu yang sama

Wisata kuliner street food

Di kota-kota wisata, seringkali kamu akan menjumpai penjual makanan yang membuka lapak di area-area yang dilalui wisatawan. Nah, makanan-makanan yang dijual di tempat seperti ini biasanya sangat mahal.

Padahal, jika kamu mau lebih gigih mencari sedikit, banyak kios-kios makanan serupa, dengan menu yang sama, dan dijual dengan harga yang lebih manusiawi. Asalkan, jangan mencari di pusat-pusat jalanan wisatawan. 

Begitu juga dengan oleh-oleh, merk besar tidak menjamin kualitasnya lebih baik dari yang lain. Ada banyak sih yang memang kondang dan betulan berkualitas, tapi tidak semua. 
Ada baiknya kamu browsing dan mencari review dari netizen sebelum kamu berburu oleh-oleh dan jajanan. Lebih baik cari yang memang benar-benar berkualitas dan harganya beralasan.

5. Sedia payung sebelum hujan

Sedia payung sebelum hujan

Ini betulan ya, maksudnya memang kita perlu bawa persiapan menghadapi hujan entah itu sandal, payung, atau jas hujan personal. Terkadang, kamu menduga bahwa cuaca seharian bakalan terik, tapi terkadang prakiraan cuaca di ponsel juga bisa menipu.

Apalagi jika kamu menjelajah berbagai tempat dengan kendaraan terbuka atau berjalan kaki, disarankan membawa perlengkapan yang melindungimu dari cuaca tak terduga. 

6. Naik transportasi umum atau sewa kendaraan

Naik transportasi umum

Berhubung tidak semua lokasi wisata bisa dijangkau dengan berjalan kaki, kamu bisa naik kendaraan umum atau bahkan menyewa. Keduanya bisa menghemat pengeluaranmu. Nah, jika kamu menyewa kendaraan, yang perlu kamu ketahui adalah regulasi persewaannya.

Dan juga, kota yang berbeda mempunyai kecenderungan aturan yang berbeda untuk menyewa kendaraan. Misalnya, dulu saya bandingkan Solo, Yogyakarta, dan Blitar. Yogyakarta adalah yang memiliki syarat paling ribet, karena kebanyakan persewaan meminta tiga kartu identitas yang asli sebagai jaminan.

Sedangkan hal itu cukup repot misalnya kamu tidak punya kartu lain selain KTP atau ATM. Untuk mensiasatinya, kamu bisa patungan kartu identitas asli dengan temanmu.

Lain lagi dengan Solo, tiga tahun lalu kebanyakan persewaan hanya meminta satu kartu identitas asli. Tapi jika penyewanya ada dua orang, maka masing-masing dimintai. Lain lagi Blitar, meskipun kamu boncengan berdua, yang diminta hanya identitas satu orang saja. 

Nah, biar tidak ribet, mungkin kamu bisa mencari penginapan yang sekaligus menyewakan kendaraan bermotor. Jadi, kamu tidak perlu menunggu pengantar kendaraan tersebut untuk sampai ke tempatmu. Proses tunggu-menunggu ini yang seringkali menjengkelkan, karena pengalaman saya dulu pernah pengantaran terlambat hingga 2 jam.

Selain itu, saat proses pengembalian, saya juga pernah hampir ketinggalan kereta karena pemilik kendaraan tidak lekas datang. Jadi, lebih efisien lagi kalau penginapan pilihanmu ada persewaan kendaraannya. 


Itulah beberapa tips traveling untuk pemula. Ingat ya, liburanlah ketika low season. Selain itu, jangan traveling tanpa perencanaan, banyak browsing dan membandingkan adalah kuncinya. Jangan remehkan juga penjadwalan, agar tujuan yang kamu inginkan bisa didatangi semuanya dan perjalananmu memuaskan! Jadi, selamat liburan dan mendapat manfaatnya!