Alasan Mengapa Pria Menyukai Perempuan Lebih Tua

Walaupun sebagian orang menganggap tabu, mengencani perempuan yang lebih tua sebenarnya biasa saja.

Alasan Mengapa Pria Menyukai Perempuan Lebih Tua
Photo by Priscilla Du Preez from Unsplash

Kamu mungkin pernah bingung, kenapa ada teman laki-lakimu yang begitu tertarik dengan kakak tingkat yang usianya 2 tahun di atasnya atau bahkan lebih. Memang, dapat diakui bahwa masyarakat kita belum terlalu terbiasa dengan tipe hubungan yang demikian.

Masih banyak yang berpikir bahwa hubungan laki-laki dan perempuan seharusnya seumuran atau si perempuan usianya lebih muda. Walaupun sebagian orang menganggap tabu, mengencani perempuan yang lebih tua sebenarnya biasa saja.

Ketertarikan pada orang lain sama sekali tidak memiliki sekat, apalagi soal usia. Justru, ada beberapa alasan mengapa pria menyukai perempuan lebih tua dan ini semua tidak terduga.

1. Teman ngobrol yang cerdas

Teman ngobrol yang cerdas

Entah kamu perempuan ataupun laki-laki, tentunya kamu tidak ingin memiliki pasangan yang tidak cukup nyaman diajak berbicara tentang banyak hal. Ketika mengencani perempuan lebih tua, laki-laki lebih berkemungkinan untuk bisa membicarakan sesuatu mulai dari yang receh sampai isu global.

Perempuan yang lebih tua juga dapat menyajikan perspektif yang lebih jujur, yang mungkin tidak kamu ketahui. Mengencani perempuan yang lebih tua membuat seorang laki-laki merasa enjoy karena mereka bisa berbagi banyak hal sambil menyelami intelektualitas pasangannya. Artinya, percakapan penuh makna membuat pria betah berlama-lama, brain is the new sexy.

2. Kedewasaan emosional yang lebih baik

Kedewasaan emosional dalam hubungan

Kematangan emosional yang baik, tentunya membuat hubungan tidak menjemukan dan melelahkan. Kedewasaan pada perempuan yang lebih tua juga membuat hubungan serta konflik berjalan pada jalur yang baik. Selain itu, laki-laki yang mengencani perempuan lebih tua akan belajar banyak tentang kedewasaan.

3. Dewasa namun juga menyenangkan layaknya seumuran

Pasangan dewasa dan menyenangkan

Hal yang paling memeberikan kejutan ketika seorang pria menyukai perempuan yang lebih tua adalah, si pria akan melihat bahwa pujaannya memiliki sisi playful yang tidak diduga. Hal ini tentu membuat laki-laki merasa bersemangat, karena ia mampu melihat banyak dimensi dan kejutan dari perempuan yang dicintainya.  

4. Perempuan dewasa tau apa yang mereka ingin dan tidak inginkan

Pasangan yang lebih dewasa

Daripada hubungan yang bertele-tele dan penuh kode serta sandi, perempuan yang lebih tua lebih lugas dan luwes saat mengutarakan perasaan dan pemikirannya. Tentunya hal ini membuat sebuah hubungan tidak melelahkan dan buang-buang waktu untuk memecahkan kode-kode perasaan.

Dan ini akan membuat hubungan keduanya menjadi lebih sehat karena masing-masing atau salah satu pihak bisa mempengaruhi untuk bersikap lebih jujur.

5. Perempuan yang lebih tua tidak hidup untuk kekasihnya

Cinta perempuan yang lebih tua

Perempuan yang lebih dewasa akan lebih realistis menjalin hubungan.

Mereka tidak berpikir bahwa kehidupannya saat memiliki kekasih harus penuh dengan waktu berdua, tetapi mereka juga perlu mengejar gol-gol dalam hidup mereka.

Perempuan yang memiliki visi seperti ini tentunya lebih menarik bagi pria. Apalagi, si pria tidak akan takut terkekang karena mereka sama-sama mengerti bahwa setiap orang juga memiliki kepentingan pribadi.

6. High quality drama

High Quality Drama dalam hubungan

Ketika berhubungan dengan seorang perempuan yang lebih tua, konflik yang mungkin didapat adalah konflik yang berharga. Oleh karena itu, walaupun pada akhirnya si pria patah hati ataupun putus di tengah jalan, mengenal perempuan idamannya sudah merupakan hal yang luar biasa karena ia banyak mendapat pelajaran yang berharga. 

7. Selera yang bagus dalam banyak hal

Selera yang bagus dari wanita yang lebih dewasa

Banyaknya pengalaman hidup serta perspektif yang dimiliki membuat perempuan yang lebih tua paham hal-hal yang terlihat bagus, berkualitas, dan tidak mainstream. Terkadang, dibandingkan bersenang-senang di keramaian dan menghabiskan banyak energi, pria lebih suka menghabiskan waktu luang untuk kegiatan yang lebih tenang.

Hal-hal seperti berkemah, piknik atau bersepeda di alam terbuka, bisa menenangkan pikiran sekaligus membuat hubungan lebih intim. Dibandingkan gadis muda, perempuan yang lebih tua berkemungkinan lebih tau cara menikmati hal-hal sederhana seperti ini. 


Kita bisa saja menetapkan batas tipe ideal atau sebagainya, tetapi cinta adalah sesuatu yang datang di luar kuasa. Kamu atau siapapun tidak akan pernah bisa menduga akan menyukai siapa atau berakhir di pelaminan dengan siapa.

Dibandingkan menetapkan batas usia, lebih baik kamu memilih pasangan berdasarkan nilai-nilai baik yang kamu inginkan dari orang lain. Dengan begitu, Tuhan akan mangarahkanmu pada orang yang baik pula :)