Apa Rasanya Menjadi Tipe Introvert Paling Langka Seperti INFJ?

INFJ konon hanya berjumlah kurang dari satu persen di dunia

Apa Rasanya Menjadi Tipe Introvert Paling Langka Seperti INFJ?
Photo by Elijah O'Donnell from Pexels

Dengan hanya populasi sebesar kurang dari satu persen di dunia, INFJ menjadi tipe kepribadian paling jarang ditemui berdasarkan MBTI (Myer-Briggs Type Indicator). Salah satu penyebab kenapa INFJ menjadi tipe kepribadian paling langka adalah, mereka melihat sesuatu bukan dari yang bisa dilihat secara umum atau seperti kebanyakan orang.

Kepribadian INFJ layaknya INTJ, mereka berdua melihat sesuatu hingga pada inti atau maknanya. Pada intinya, kedua kepribadian ini sungguh filosofis. INFJ dan INTJ melihat sesuatu yang tidak dilihat oleh orang lain, yang bukan hanya bisa 'dirasakan' atau 'diukur' oleh kebanyakan orang.

Selain itu, sulit untuk menemukan seorang INFJ dikarenakan mereka memiliki berbagai mode berbeda saat berhadapan dengan orang yang berbeda. Bukannya punya banyak muka atau munafik. Tapi, INFJ adalah tipe kepribadian yang bisa menyesuaikan dengan siapa ia berhadapan.

Dikarenakan punya keahlian bersosial seperti ini, INFJ bagaikan kaca bagi teman sosialnya, membuat mereka sulit diterka keberadaannya. Sehingga, ketika ada sisi lain yang muncul, orang seringkali tidak menduganya. Inilah yang juga membuat INFJ sangat langka. 

Tapi, bukan itu saja yang membuat sosok INFJ ini menarik. Ada segudang hal unik lain yang dimiliki introvert langka seperti INFJ. Ini sebagian di antaranya!

1. I can read you like a book

Semudah itulah INFJ bisa membaca karakter orang lain. Tidak heran mereka sangat mudah menyesuaikan diri di hadapan berbagai tipe orang yang sangat berbeda. Dan ini pula yang menyebabkan mereka sering disalahartikan sebagai seorang ekstrovert. Kemampuan membaca karakter orang seperti ini dikarenakan unsur intuisi sebagai sifat utama seorang INFJ.

Seorang INFJ bisa menggunakan intuisi mereka untuk melakukan penilaian terhadap karakter orang lain, bahkan ketika pertama kali bertemu.

Bisa dibilang, INFJ seperti mesin pemindai watak yang berjalan.

2. Memiliki prinsip yang dipegang teguh

Meski tampak sebagai orang yang lembut, seorang INFJ sebenarnya memiliki prinsip yang sangat kuat hingga tidak jarang mereka pun dibilang keras kepala. Meski begitu, keras kepalanya INFJ bukan berarti karena ingin menang sendiri.

Sebagai tipe kepribadian advokat, INFJ memiliki tujuan hidup untuk menjadi bermanfaat atau menolong orang lain.

Memang, mereka bersikap keras kepala karena sangat paham apa yang mereka inginkan. Tapi, yang mereka inginkan bukan untuk keuntungan pribadi, namun demi kestabilan sosial.

3. Mudah membangun koneksi dengan orang lain

Seperti yang tadi dibilang, INFJ kerap disalahpahami sebagai seorang ekstrovert. Kemudahan INFJ berhubungan dengan orang lain ini salah satunya ditunjang oleh keahlian dalam menggunakan bahasa yang 'manusiawi', atau halus dan sensitif.

Berbeda dengan INTJ yang lebih menggunakan bahasa teknis, INFJ mampu 'put themselves in others' shoes'. Mereka dianugerahi empati yang sangat tinggi sehingga mampu menggunakan bahasa yang bisa menghangatkan perasaan orang lain. 

Tipe kepribadian MBTI INFJ

4. Psikolog sejak lahir

INFJ yang juga dikenal sebagai penasehat dan konselor alami ini memang punya anugerah empati tinggi dan mampu menggunakan bahasa secara humanis. Jika dibandingkan dengan INTJ yang suka memecahkan masalah teknis, INFJ lebih suka memecahkan masalah yang humanis. Karena inilah mereka seperti psikolog sejak lahir.

Dan uniknya, talenta INFJ dalam menyelesaikan konflik orang-orang di sekitarnya ini didasari oleh kreatifitas imajinasi yang dimilikinya. 

5. Membaca kebohongan seperti melihat noda kecap di baju putih

Keahlian INFJ dalam melihat INTJ ini sebenarnya sama dengan INTJ. Kedua tipe kepribadian MBTI ini sama-sama sangat mudah melihat kebohongan. Dan seperti yang dibilang tadi bahwa INFJ melihat segala sesuatu dari intinya. Mereka memecahkan kebohongan dengan cara mengkoneksikan antara manusia dan kejadian dengan sangat akurat.

JIka INTJ bisa bersikap sadis saat mengatasi kebohongan, INFJ sebaliknya. Mereka memiliki visi bagaikan menaklukkan rezim jahat dengan kebaikan hati. Maka dari itu, kamu bisa melihat sosok seorang INFJ dari Mother Teresa.

6. Tipe penulis inspiratif

Jika memiliki profesi sebagai penulis, seorang INFJ akan menjadi seorang penulis yang mampu menggerakkan hati pembacanya dengan sisi idealisnya. Sangat menarik karena INFJ mampu menulis dengan istilah atau bahasa yang humanis. Karena itulah, mereka akan dengan mudah membangun koneksi dengan pembacanya.

Namun, bukan cuma itu, seorang INFJ bahkan juga bisa menjadi seorang orator yang baik dikarenakan kemampuan berbicara secara humanis ini. 

7. Tipe penggerak

Beberapa contoh INFJ seperti Mother Teresa, Martin Luther King, hingga Nelson Mandela, menggabungkan kemampuan melihat sesuatu pada inti, membuat keputusan, hingga kreatifitas untuk menjadi sebuah perencanaan. Tapi, perencanaan ini tidak hanya mereka biarkan tersimpan dalam kepala mereka. Para INFJ adalah tipe yang merealisasikan rencana mereka.

Tipe kepribadian MBTI INFJ

8. Perfeksionis

Salah satu kekurangan INFJ yang berprinsip kuat dan idealis adalah, mereka bisa menjadi sangat perfeksionis dalam melakukan sesuatu. Perfeksionis dapat menjadi hal yang baik dalam beberapa topik, tapi tidak semua. Ada hal-hal yang memang memerlukan negosiasi dan tidak bisa terwujud menjadi seideal harapan mereka.

9. Sensitif

Kepribadian yang berempati tinggi juga berjalan linier dengan sensitifitas pribadinya. INFJ cenderung tidak menyukai konflik dan kritik. Seseorang perlu bersikap hati-hati saat mempertanyakan nilai atau prinsip yang dipegang para INFJ.

10. Tidak kalah privat dari INTJ

Faktor lain kenapa sulit menemukan INFJ adalah mereka sangat pandai bersembunyi. INFJ adalah orang yang tidak suka mengumbar kehidupan pribadinya dan bahkan tidak mudah bercerita ke sembarang orang, meskipun pada orang terdekatnya. 


Itulah beberapa sifat INFJ yang punya predikat sebagai tipe MBTI paling langka di dunia. Tentunya, mungkin ada beberapa hal yang tidak dirasakan oleh tiap INFJ. Hal itu wajar, karena pada dasarnya INFJ juga terbagi menjadi INFJ-A (assertive) dan INFJ-T (turbulent).

Bagi INFJ yang lebih dewasa/tua, mungkin beberapa sifat tidak benar-benar dirasakan, karena tentu saja paroses kedewasaan sangat berperan. Tetapi, untuk melihat karakter INFJ secara umum, 10 hal di atas bisa jadi pedoman!