Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Patah Hati? Melawan atau Berkawan?

Coba saja cari di Twitter, di hari yang sama kamu bisa menemukan ribuan patah hati yang berbeda. Jadi, rayakan saja patah hatinya.

Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Patah Hati? Melawan atau Berkawan?
Photo by Paola Chaaya from Unsplash

Patah hati memang bukan perkara mudah untuk diatasi. Meskipun beberapa waktu lalu Lord Didi sempat memberikan obat penawar bagi para sadboi dan sadgerls yang falling in love with people they can't have, nyatanya hal itu hanya sebentar saja membuat narasi patah hati jadi agak gembira.

Tidak lama, patah hati yang pahit kembali jadi asupan narasi digital citizen . Menanggapi patah hati, kita sendiri sering dilema, haruskah berkawan atau melawan rasa patah hati itu sendiri. Tapi yang jelas, dalam kaitan personal, semua orang bisa saja memiliki salah satu atau keduanya.

Terkadang, ada yang berusaha menampik patah hati hingga akhirnya memang benar-benar lupa. Tetapi ada kita-kita kaum yang lebih rentan hatinya, yang justru pengelakan terhadap patah hati malah membuat batang hidung si doi terngiang-ngiang.

Bagi kaum yang pengelakan justru berbuntut pada batin iritable ini, berkawan dengan dengan patah hati barangkali bisa menjadi obat. Jadi, kira-kira ada beberapa cara menikmati, eh bukan, maksudnya berkawan dengan patah hati ini.

1. Terima saja kamu memang lagi rapuh dan belum bisa melupakan dia

Perempuan yang sedang galau

Sebenarnya perasaan buruk apapun tidak boleh ditolak sih. Sebaliknya, justru kita diharuskan menerima agar tidak terjadi penyakit psikosomatik. Tapi menerima pun bukan berarti kamu boleh menggarami luka ya.

Kamu harus mengakui tetapi juga mencari pelampiasan yang baik untuk perasaanmu. Kamu juga perlu sadar bahwa tidak mungkin melupakan seseorang yang pernah (dan masih) kamu cintai dalam sekejap.

Yang jelas, penolakan dalam diri justru akan membuatmu semakin stres karena kamu menuntut diri untuk berpura-pura.

Daripada berpura-pura bahagia mendingan nangis sepuasnya.

2. Mencari kawan sesama patah hati di lini masa

Mencari Teman di Dunia Maya

Beneran lho, banyak grup-grup Line Square yang isinya khusus member patah hati dan pecinta patah hati. Berinteraksi dengan seseorang yang relatable seperti ini akan membuatmu merasa lebih dimengerti. Selain itu, kamu juga mungkin dimanjakan dengan quote-quote melankolis yang indah.

Menyesakkan sih, tapi keindahan sastrawinya juga akan sedikit mengobatimu. Dan yang pasti, di grup semacam ini akan ada banyak orang yang membuatmu merasa tidak sendiri mentang-mentang sekarang sudah sendiri lagi.

3. Lagu menambah semangat atau justru yang sendu-sendu?

Buku dan Musik

Kamu boleh pilih salah satu. Memilih lagu yang penuh semangat bukan berarti kita menampik perasaan yang sedang ambyar ini ya. Lagu-lagu yang upbeat juga memberimu kesempatan untuk bersikap realistis. Lagipula, banyak juga lagu patah hati yang nadanya ceria, ini semua tergantung kamu menanggapinya sih.

Tetapi, jika lagu semangat ain't your cup of tea, kamu lebih baik mendengarkan lagu sendu untuk ikut hanyut bersamanya, tapi jangan sampai benar-benar tenggelam. Perlu lah, kamu untuk menikmati lagu sendu di suasana sekitar yang lebih estetik, di taman misalnya.

Atau kamu juga bisa karaokean tipis-tipis di kamar sambil memandang jendela. Kamu juga bisa cari kafe yang agak sepi untuk menikmati secangkir kopi dan patah hatimu. Berpindah tempat seperti ini ada folosofinya sendiri sih, karena seseorang akan memperoleh perspektif baru ketika ia berpindah tempat.

4. Cari kawan untuk tempat curhat atau sekedar menangis

Perempuan yang sedang curhat

Perlunya mencari seseorang untuk menumpahkan perasaan adalah, untuk menghindarkanmu dari melakukan hal-hal yang berbahaya. Namanya saja sedang kalut, pasti orang akan sulit berpikir objektif. Seorang teman yang tidak akan menjustifikasimu dan mampu mendengar dengan baik akan sangat membantumu dalam mengeksplorasi rasa patah hati itu sendiri.

5. Diet atau semacamnya tunda dulu, urusan batin tidak bisa ditunda lagi

Makan makanan kesukaan

Makanan yang ingin kita makan menggambarkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan batin kita. Makanya, seseorang yang sedang sedih cenderung ingin makan yang manis-manis. Patah hati bisa menjadi ajang untuk memanjakan dirimu dengan wisata kuliner tipis-tipis.

Kamu bisa kok misalnya membeli es krim ukuran keluarga hanya untuk dimakan sendiri sambil mendengar lagu sedih di kamar. Yang jelas, lidah dan perut yang dimanjakan bisa memberi gula pada hatimu yang baru terluka dibandingkan menggaraminya.


Ketika kamu sudah melewati fase patah hati dan mengambil pelajaran darinya, kamu bisa berpikir bahwa fase tersebut sesungguhnya cukup indah sebagai legenda dalam hidup kita. Nah, ada satu tambahan lagi nih untuk berkawan dengan patah hati. Kamu bisa membaca jatuh bangun cerita cinta para filsof dunia.

Tingginya nilai sastra dari cerita mereka bisa membuatmu hanyut sekaligus terkagum-kagum dengan indahnya perjalanan batin manusia. yang jelas bagi para sadboi dan sadgerls, kamu tidak sendiri kok. Coba saja cari di Twitter, di hari yang sama kamu bisa menemukan ribuan patah hati yang berbeda. Jadi, rayakan saja patah hatinya :)