Girls, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Jadi Wanita Berkualitas

Menjadi wanita berkualitas tidak semata tentang pandai merawat diri.

Girls, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Jadi Wanita Berkualitas
Photo by Jude Beck from Unsplash

"Seorang wanita hendaknya adalah sosok yang hebat dan berkelas."

- Coco Chanel

Kalau kamu masih beranggapan bahwa wanita berkualitas ialah mereka yang cantik, anggun, atau baik hati dan perilakunya bak seorang putri di kisah dongeng, tampaknya kamu harus segera membarui perspektif.

Tidak salah sih, mengingat selebriti dan influencer wanita yang banyak mengisi layar televisi dan media sosial adalah sosok-sosok serupa demikian. Tidak sedikit pula yang mengidolakan mereka sebagai sosok impian.

Namun, girls, kualitas seorang wanita sejatinya tidak pernah diukur dari penampilan fisik semata. Bukan berarti kamu harus berhenti memberi perhatian pada penampilan kamu, ya. Bukan seperti itu.

Sebagaimana kutipan di atas, hebat dan berkelas adalah soal kepribadian. Mari menyimak 5 hal yang umumnya dimiliki oleh wanita berkualitas berikut ini.

1. Mandiri

Wanita mandiri tahu apa yang mereka butuhkan dan tidak pernah ragu untuk mengejarnya

Wanita mandiri adalah mereka yang tak pernah ragu untuk menyelesaikan urusannya sendiri. Mereka cenderung tidak ingin bergantung pada orang lain terutama untuk hal-hal yang bisa mereka usahakan sendiri.

Menjadi mandiri berarti siap untuk bertanggung jawab dan dapat diandalkan dalam urusan pribadinya. Wanita mandiri bisa membuat keputusannya sendiri serta tidak ragu untuk menghadapi sebuah risiko.

Kalau kamu masih ragu untuk menjadi wanita mandiri dikarenakan stigma tentang kemandirian yang cenderung menjadikan wanita lebih mengintimidasi dalam sebuah hubungan, maka penelitian tentang preferensi wanita bagi pria Indonesia berikut ini perlu masuk dalam daftar bacaan kamu.

Sebagaimana katanya Tere Liye, jika menarik perhatian pria dengan sok imut, genit, manja, maka pria dengan kualitas seperti itu yang akan kamu dapatkan. Sebaliknya, jika menarik perhatian pria dengan mandiri, wawasan, akhlak, juga pria seperti itu yang akan kamu dapatkan.

2. Percaya Diri

Wanita berkualitas memiliki kepercayaan diri yang mengagumkan

"Tiada yang lebih cantik dari wanita yang merasa nyaman dan percaya diri atas segala ketidaksempurnaannya."

- Steve Maraboli

Tidak ada manusia yang sempurna. Percayalah. Bahkan mereka yang terlihat sempurna di layar kaca pun sama.

Cantik dan berkualitas bukan tentang sejauh mana kamu mencapai kesempurnaan, melainkan tentang seberapa besar kesanggupanmu untuk merengkuh ketidaksempurnaan yang kamu punya.

Terkadang, kamu mungkin merasa minder dengan warna kulit atau bentuk tubuh kamu. Tentu saja itu wajar, karena bagaimanapun kamu masih manusia.

Namun pada akhirnya, wanita berkualitas akan sadar bahwa satu-satunya yang perlu ia dengar tentang penampilan fisiknya adalah opininya sendiri. Terlepas dari berbagai kebimbangan, wanita berkualitas selalu mampu untuk melihat dirinya di dalam cermin dengan penuh rasa bangga.

3. Tidak Egois

Peduli adalah bentuk ketidak egoisan yang paling nyata

Bahasa kerennya, altruisme.

Coba ingat kembali, berapa kali kamu menjatuhkan opini orang lain semata karena merasa opini kamu yang paling benar?

Atau coba deh dikenang lagi, ketika bertengkar dengan si dia, berapa lama kamu akan mengambek sambil menunggu si dia minta maaf lebih dulu?

Berita buruknya, keegoisan macam ini tidak menjadikan kamu cukup berkualitas sebagai seorang wanita. Kamu justru perlu waspada karena perilaku egois nan manja semacam ini sering kali akan menjadikan orang lain lelah terhadap sikap kamu.

Karena sejatinya, wanita berkualitas adalah mereka yang tidak memandang dirinya sebagai pusat dari segala keberpihakan.

Wanita berkualitas tidak pernah takut untuk menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan dirinya sendiri pada porsi yang tepat—tidak egois, kalau mau dirangkum.

Wanita seperti ini menjadi menarik, karena dengan tidak egois, mereka menunjukkan bahwa ada banyak ruang di hatinya untuk hal-hal manusiawi lainnya.

Yang perlu kamu ingat adalah bahwa dalam sebuah hubungan, keegoisan memang terkadang perlu untuk menghadirkan keseimbangan. Namun segala sesuatu tentu tetap harus berada pada porsinya.

4. Tegas

Tegas berarti mampu menyuarakan opini dengan mantap

Kalau kebanyakan wanita suka bermain dengan kata-kata dan teka-teki dalam menyampaikan maksud, maka tidak dengan wanita berkualitas. Mereka akan dengan tegas menyampaikan keinginan mereka. Wanita dengan kepribadian seperti ini tidak akan banyak bertele-tele.

Ingat, bahwa menjadi tegas bukan berarti galak, ya. Tegas adalah kemampuan untuk menyampaikan maksud hati secara mantap.

Misalnya saja ketika ditanyakan ingin makan apa, daripada menjawab terserah, akan lebih baik jika kamu menyebutkan menu yang sedang kamu incar saat itu.

Terlepas dari nanti mungkin akan ditolak karena alasan biaya dan lain-lain, biarkan saja jadi urusan nanti. Berlatihlah untuk menyikapi berbagai opsi yang diberikan kepadamu secara tegas—meskipun hanya hal remeh.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk bersikap tegas, sebuah buku dari Randy J. Paterson ini bisa banyak membantu.

5. Cerdas

Wanita cerdas mampu menyeimbangkan logika dan perasaan dengan tepat

Kamu tidak perlu menjadi seorang jenius untuk dapat dikatakan berkualitas. Nilai rapor atau IPK kamu pun tidak apa jika masih biasa-biasa saja.

Menjadi berkualitas bukan tentang seberapa tajam daya ingat kamu. Cerdas bagi wanita berkualitas tidak dinilai dari tingkat pengetahuannya.

Wanita cerdas adalah mereka yang mampu mengelola daya pikir dan emosinya secara imbang. Dalam hal ini, logika dan perasaan harus saling mendukung satu sama lain.

Dengan bersikap cerdas, wanita berkualitas dapat menghindari beragam konflik dan drama yang dapat muncul ketika emosi memegang kontrol lebih besar.

Oleh karenanya, kalau kamu bisa menguasai kepribadian ini, saatnya mengatakan selamat tinggal untuk urusan terbawa perasaan.


Wanita berkualitas akan senantiasa menjadi sumber kekaguman dari orang-orang di sekitarnya. Tentunya karena wanita berkualitas tidak hanya tahu cara menghargai dirinya sendiri, melainkan juga orang-orang di sekelilingnya.

Bagi para pria, wanita berkualitas akan terlihat sangat menarik, loh. Kepribadian yang dimilikinya tidak hanya menjadikannya cocok sebagai pasangan kekasih, namun juga sebagai partner hidup.

Lelaki mana sih, yang akan menolak wanita berkualitas? Karena ini juga berarti, siapapun yang menjadi partner wanita ini, tidak akan khawatir untuk berlama-lama terjebak dalam pertengkaran emosional yang melelahkan.

Buat kamu para pria, yuk merujuk pada artikel 9 Kualitas yang Wanita Harapkan dari Kamu untuk menjadi sosok yang berkualitas. Untuk mendapatkan hati wanita berkualitas, kamu tentu juga harus punya kualitas yang sama.