Indonesia dan Polusinya

Indonesia adalah negara dengan penduduk paling malas berjalan kaki di seluruh dunia.

Indonesia dan Polusinya
Photo by Tom Fisk from Pexels

Tingkat polusi di bumi ini sekarang sudah tinggi, susah untuk mengembalikan keadaan bumi seperti dulu. Pemanasan Global / global warming itu salah satu buktinya. 

Tandanya es yang mencair, udara yang buruk. Pemanasan global sendiri terjadi karena lapisan ozon yang bolong bolong efek dari terlalu banyak polusi dan efek rumah kaca. Tapi kita tidak bisa mengelak, memang sekarang polusi di mana mana ada. 

Apalagi di negara berkembang seperti Indonesia, India, Thailand, dan negara lainnya. Negara yang masih andalkan sektor Industri. Indonesia termasuk negara yang padat dengan kendaraan bermotor. Kalo kita lihat, jarang ada orang Indonesia yang jalan kaki, atau olahraga, mungkin bisa dihitung. Kendaraan bermotor itu termasuk salah satu yang menyebabkan pemanasan global. Tapi yang mau kita soroti kali ini bukan pemanasan global, tapi keadaan masyarakat Indonesia. 

Kendaraan bermotor itu buat banyak masalah kesehatan, contohnya sesak nafas, selain itu membuat orang menjadi malas. Aneh ya hahaaha. 

Kendaraan bermotor itu sebenarnya dibuat untuk maksut yang baik lho! Untuk membantu dalam perjalanan panjang supaya bisa ditempuh lebih cepat. Kita sangat terbantu juga adengan adanya mobil sama motor kan? Tapi mereka hadir itu buat bantu kita, bukan buat bikin kita jadi malas. Kenyataannya kita jadi semakin malas ya. Menurut saya, ini harus mulai dihilangkan. Naik mobil bukan hal yang buruk kok buat kita, tapi jauh lebih baik kita ambil bagian buat mengurangi pemanasan global. Kalo perjalanan tidak jauh bisa ditempuh dengan jalan kaki, ngapain harus naik motor?

Indonesia itu negara nomer 1 buat negara paling malas berjalan kaki di seluruh dunia. Bayangkan saja, kita jarang ya lihat ada orang orang berjalan kaki dengan santai di pinggir jalan, yang ada semua naik motor dan mobil. Berjalan kaki itu perlu lho! Kita tidak Cuma mengurangi pemanasan global, kita juga berusaha mengubah pola diri kita, lebih banyak aktivitas pastinya lebih sehat dong. Beberapa waktu lalu, walikota Surabaya, Trirismaharini juga mengadakan car free day dengan tujuan warga Surabaya bisa sehat dengan lari pagi di hari Minggu. Terdengar aneh masa seminggu cuma 1 kali? Tapi lebih baik 1 minggu satu kali full aktivitas di banding tidak melakukannya sama sekali. Di Jakarta juga diadakan car free day tiap hari minggu. 

Menurut saya itu upaya pemerintah untuk membiasakan masyarakat untuk berolahraga dan jalan. Memang pemerintah sudah berupaya memberikan fasilitas. Tapi itu kurang, seharusnya berjalan itu menjadi kebudayaan kita sehari hari. Tapi sebenarnya kenapa sih orang Indonesia tidak mau berjalan kaki? Menurut survei dari beberapa pengendara motor, mereka sebutkan tidak ingin berjalan karena takut dicopet. Orang mereka naik motor aja masih bisa di begal, apalagi kalau berjalan kaki, kriminal pasti lebih gampang di lakukan.

Perlu diperhatikan lagi tentang keamanan di jalan raya. Dan alasan kedua orang Indonesia tidak mau berjalan kaki adalah karena udara yang panas. Maka dari itu di perkotaan besar, kita harus memiliki pepohonan supaya lebih sejuk dan bisa jadi payung alami ketika panas datang. Tidak ada salahnya kan menyediakan tempat untuk pohon yang rindang? Banyak manfaat yang bisa diperoleh. Saya sangat berharap Indonesia bisa lebih baik, dengan polusi yang berkurang, walaupun tidak mungkin 100% hilang sih, tapi paling tidak udara di Indonesia terutama di Jakarta tidak kotor lagi. 

Selain itu juga dengan lingkungan hidup yang baik kan harapan hidup orang Indonesia bakal bertambah.