Kencan dengan Pria yang Lebih Muda, Begini Kata Para Wanita

Katanya, banyak pria suka pasangan yang lebih tua. Kalau dari pihak wanitanya bagaimana ya?

Kencan dengan Pria yang Lebih Muda, Begini Kata Para Wanita
Photo by Relevante design from Unsplash

Lazimnya, pria akan mengencani wanita yang lebih muda. Sebaliknya, para wanita cenderung menginginkan pria yang lebih tua untuk dijadikan pasangan.

Ah, tapi itu cuma stigma lama.

Lihat saja pasangan mesra Amerika-India, Nick Jonas dan Priyanka Chopra. Di dalam negeri sendiri, ada pasangan Darius-Donna serta Anjasmara-Dian Nitami yang tak kalah harmonis meski usia wanitanya lebih tua beberapa tahun.

Berpasangan dengan wanita yang lebih tua, kini bukan lagi menjadi hal yang jarang. Faktanya, banyak pria yang menikmati hubungan kekasih bersama wanita yang lebih tua.

Di artikel sebelumnya, pun sempat dibahas tentang Alasan Mengapa Pria Menyukai Perempuan Lebih Tua, yang lagi-lagi bisa membuka mata kamu tentang hubungan terpaut usia ini. Karena toh,

"Hubungan itu tidak selalu soal angka, namun lebih tentang menemukan kecocokan pada diri orang lain."

Lalu, kalau dari pihak wanitanya sendiri bagaimana ya? Apa sih, yang menjadikan pria muda tampak menarik bagi mereka yang lebih tua?

Pria yang Lebih Muda Punya Energi yang Melimpah

Pria muda punya jiwa bertualang yang besar

Tak dapat dimungkiri bahwa mereka yang lebih muda punya energi, semangat, serta jiwa bertualang yang melimpah ruah. Poin ini tidak hanya menyempit pada aspek fisik loh ya, tapi juga pada sisi emosional.

Dengan kata lain, pria muda yang cenderung minim pengalaman tak akan ragu untuk terus melakukan eksplorasi bersama pasangannya.

Bagi pihak wanita yang menjadi pasangan pria-pria muda, ini menarik, karena selain memberikan perspektif baru, para wanita juga dapat merasakan energi yang sama dari pasangannya yang lebih muda.

Oleh karenanya, tak jarang jika memiliki pasangan yang lebih muda dapat menjadikan para wanita merasakan sensasi awet muda. Karena bagaimanapun, untuk menjalani hubungan yang harmonis, wanita akan berusaha mengimbangi semangat yang sedang dibawa oleh pasangannya yang lebih muda.

Pria yang Lebih Muda Itu Suporter Terbaik

Ilustrasi support antar pasangan

Kurang berpengalaman menjadikan pria yang lebih muda menarik. Mereka akan lebih mudah mengagumi segala pencapaian wanitanya meskipun hanya dari hal-hal sederhana seperti teknik pengasuhan anak tertentu.

Wanita mana sih, yang tidak suka dikagumi?

Wanita akan merasa dihargai atas tindak tanduknya yang mungkin tampak biasa-biasa saja bagi rekan seangkatannya. Kekaguman yang naif dari pria lebih muda, tak ayal diterima sebagai sebuah suntikan semangat dari pujaan hati.

"Terkadang, pria yang lebih muda akan mudah mengagumi wanita dewasa dengan segala kesuksesannya, dibanding pria lain seusia si wanita yang akan mudah merasa tersaingi atas pencapaian wanitanya."

- Dr. Paulette Sherman

Wanita Bisa Mendominasi Hubungan

Kewibawaan menjadikan wanita yang lebih tua dapat mendominasi pasangannya

Umumnya, pria akan mendominasi dalam sebuah hubungan, terutama jika pasangannya adalah wanita seusia atau yang lebih muda darinya.

Kalau kamu adalah tipe wanita yang tidak suka diatur, mengencani pria yang lebih muda tidak menjadi pilihan yang buruk.

Dr. Lehmiller bahkan pernah menyampaikan berdasarkan salah satu surveinya, bahwa wanita yang mengencani pria yang lebih muda akan menjalani hubungan yang lebih memuaskan.

Meski tidak dapat memastikan alasannya, namun Dr. Lehmiller berasumsi jika dengan usia yang lebih matang dari pasangannya, seorang wanita akan lebih nyaman dalam memegang kendali di dalam sebuah hubungan.

Tapi Pria yang Lebih Muda Belum Matang Secara Emosional

Pria muda kadang cukup hijau dan butuh pendampingan

Mungkin priamu sebelumnya tidak banyak terlibat dengan wanita. Mungkin priamu sebelum ini tidak pernah menikah. Mungkin dia tidak terbiasa dengan konflik dalam percintaan. Dan mungkin dia belum tahu cara yang bijak menyikapi itu.

Tantangan lain yang mengintai dari hubungan bersama pria yang lebih muda adalah krisis kedewasaan. Pria yang lebih muda bisa saja masih awam dalam hubungan percintaan, sehingga konflik sedikit saja dapat membuat ia baper.

Akan repot kalau belum apa-apa, si pria sudah menyikapi permasalahan dalam hubungan secara buta. Bagi pihak wanita sendiri, seberapa pun coba memahami, bisa dipastikan akan makan hati jua di suatu ketika.

Oleh karena itu, jika bersama pria muda menjadi pilihan kamu, jangan sampai mengabaikan poin yang satu ini. Sebagai pihak yang lebih berpengalaman dalam meng-handle sebuah hubungan, mendampingi proses belajar pasangan yang lebih muda tentu tak bisa terelakkan.

Pria yang Lebih Muda Kadang Juga Belum Siap Secara Finansial

Pria muda masih merintis karier demi mengisi pundi-pundinya

Berjarak pada usia bisa juga berarti memiliki perbedaan dalam perjalanan karir masing-masing.

Pria yang lebih muda cenderung belum matang dalam karier dan keuangan. Jika kamu adalah wanita yang telah mantap dengan karier yang kamu jalani, pria muda pilihan kamu mungkin sedang merintis dan bisa jadi kesulitan dalam menyamakan langkah bersama wanitanya.

Dibanding usia, sekat pencapaian materi yang satu ini lebih sulit untuk ditaklukkan. Butuh kepercayaan dan dukungan yang kuat kepada pihak yang tengah merintis. Sesekali, berusaha menyelaraskan laju karir masing-masing juga perlu agar priamu tidak merasa tertinggal terlampau jauh.

Oleh Karenanya, Pria yang Lebih Muda Kadang Ragu untuk Berkomitmen Serius

Pernikahan adalah impian setiap wanita

Permasalahan lain bagi wanita dengan pasangan kekasih yang lebih muda adalah tentang komitmen.

Sebagaimana hubungan cinta yang sudah-sudah, wanita tentu inginnya berakhir ke pelaminan. Namun, menuntut komitmen pada pria yang lebih muda agaknya sedikit sukar. Terlebih kalau ia masih belum stabil secara finansial.

Pria yang lebih muda umumnya masih ingin bersenang-senang. Membentuk sebuah keluarga bahkan mungkin belum pernah terlintas di benak mereka.

Jika suatu hari kamu menginginkan komitmen serius, sementara pria lebih mudamu ternyata belum ingin sejalan dengan itu, well, the choice is yours.


Mengencani pria yang lebih muda tidak semata hanya soal menjalani hubungan percintaan dan bersenang-senang. Terkadang, ada proses pendampingan dan pengajaran yang perlu dilakukan wanita yang lebih tua, terutama jika jarak usia keduanya terlampau jauh, misalnya lebih dari sepuluh tahun.

Bagi sebagian wanita, mendampingi proses tumbuh kembang prianya baik secara emosi dan finansial adalah hal yang dapat dinikmati.

Namun, jika suatu ketika kamu mendapati hubungan kamu justru lebih menyerupai pola pengasuhan, tak ada salahnya berpikir dua kali untuk melanjutkan itu.