Tips Memasang Gambar di Blog Tanpa Melanggar Hak Cipta

Pengertian jenis atribusi dan daftar situs gratis untuk mengambil gambar

Tips Memasang Gambar di Blog Tanpa Melanggar Hak Cipta
Photo by rawpixel.com from Pexels

Gambar adalah hal wajib yang ada di blog untuk menarik pengunjung. Tanpa gambar, sebuah blog akan seperti balon hijau; kesepian, meletus lalu kacau.

Pahami Istilah-Istilah Hak Cipta Sebelum Menggunakan Gambar.

Sebelum kita membahas daftar situs gratis untuk mengambil gambar, ada baiknya untuk memahami jenis-jenis istilah yang akan sering muncul di situs penyedia gambar gratis.

Baca syarat dan ketentuan dari setiap situs yang akan kamu ambil gambarnya sehingga kamu tahu persis kapan dan jenis atribusi apa yang diperlukan.

Apa itu Creative Commons?

Creative Commons adalah organisasi nirlaba tempat berbagi dan menggunakan kreativitas dan pengetahuan. Ada berbagai jenis lisensi Creative Commons mulai dari memperbolehkan segala jenis penggunaan tanpa harus menempelkan atribusi atau yang hanya mengizinkan penggunaan tertentu dan tanpa perubahan.

Apa itu Public Domain?

Semua karya (gambar) dalam public domain adalah karya yang hak ciptanya telah kadaluwarsa atau telah hangus. Sehingga hasil karya tersebut dapat dipergunakan oleh orang lain.

Apa itu Royalti Free?

Gambar Royalti Free belum tentu gratis loh ya.

Malah, ada beberapa kasus dimana kamu harus membayar biaya satu kali untuk mendapatkan hak menggunakan gambar sebanyak yang kamu suka. Pengertian kata Free atau Gratis disini hanya berarti kamu tidak perlu membayar royalti kepada pemilik gambar setiap kali kamu menggunakannya. Pahami definisi Royalti Free sebelum kamu mengambil gambar tertentu dengan lisensi ini.

Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog

Untuk mengevaluasi masing-masing situs ini, kita akan menggunakan kata kunci yang sama untuk mencari gambar, yaitu: Face.

1. Unsplash

Unsplash Face Search

Unsplash memiliki lisensi sendiri, yang pada dasarnya memungkinkan kamu untuk menggunakan gambar secara gratis, dengan cara apa pun yang kamu suka.

 

2. Burst by Shopify

Burst by Shopify

Burst adalah platform yang menyediakan stok gambar gratis yang dibuat oleh Shopify. Gambar-gambarnya tersedia dengan lisensi gratis dan Royalti Free.

 

3. Pexels

pexels

Pexels juga memiliki lisensi sendiri, yang menyatakan apa yang dapat dan tidak dapat kamu lakukan pada gambar. Kamu dapat menggunakan dan memodifikasi gambar secara gratis untuk penggunaan komersial dan pribadi tanpa harus memasang atribusi.

 

4. Pixabay

Pixabay

Pixabay menyediakan gambar yang berada di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0), yang berarti kamu dapat menggunakan gambar tanpa meminta izin ataupun memberikan kredit atau atribusi kepada pemilik gambar. Kamu bebas menggunakan gambar yang ada di Pixabay tanpa harus takut melanggar hak cipta.

 

5. Free Images

Free Images

Free Images menyediakan lebih dari 300.000 gambar gratis dengan lisensi sendiri. Lisensi ini memungkinkan rentang penggunaan yang sangat luas, meskipun free images mencantumkan beberapa kasus penggunaan terbatas (yang cukup umum untuk sebagian besar situs gambar gratis).

 

6. Kaboompics

Kaboompics

Kaboompics menggunakan lisensi sendiri, yang mirip dengan Creative Commons Zero. Salah satu fitur terbaik Kaboompics adalah kamu bisa melakukan pencarian berdasarkan warna.

 

7. StockSnap.io

Stocksnap io

Stocksnap menggunakan lisensi Creative Commons CC0 sehingga fotonya bebas untuk diunduh, diedit, dan digunakan untuk proyek komersial maupun non-komersial.

 

8. Canva

Canva

Canva adalah tools desain grafis online yang juga menawarkan stok foto gratis. Salah satu keuntungan menggunakan Canva adalah kamu dapat dengan cepat mengubah gambar menjadi grafik khusus untuk digunakan di media sosial atau blog.

 

9. Life of Pix

Life of Pix

Life of Pix menyediakan foto beresolusi tinggi gratis dan bermitra dengan Adobe Stock untuk lebih banyak foto berbayar.

 

10. Gratisography

Gratisography

Gratisography juga memiliki lisensi sendiri, yang memungkinkan kamu untuk melakukan hampir semua hal pada gambar. Salah satu kelemahan gratisography adalah jumlah gambarnya yang masih agak terbatas.

 

11. Flickr

Flickr

Flickr adalah platform hosting gambar di mana kamu dapat mengambil gambar untuk dimodifikasi dengan tujuan komersial. Lisensi setiap gambar di Flickr bervariasi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memeriksa jenis dari tiap lisensinya.

 

12. Getty Images

Getty Images

Getty Images memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dari situs penyedia gambar lainnya. Kamu dapat menggunakan gambar dari Getty Images di situs web nonkomersial secara gratis dengan cara menyisipkannya (embed). Mengunduh gambar dan mengunggahnya ke situs web kita masih tidak boleh - jadi kita harus menyematkannya. Nah, masalahnya embed ini agak mengganggu, karena embed akan membuat frame tersendiri di blog kita.


 

Sebenarnya, masih banyak situs penyedia gambar gratis yang bisa kita gunakan untuk blog. Tapi daftar di atas adalah yang paling sering digunakan dan memiliki stok foto paling lengkap. Tapi apapun jenis lisensinya, kita harus tetap menghargai si pembuat dengan menyisipkan atribusi pada gambar yang kita pasang di blog seperti yang terdapat pada postingan ini.

Menyematkan atribusi pada gambar di blog juga merupakan bukti kepedulian kita terhadap karya orang lain.

Terima kasih telah membaca, dan semoga bermanfaat.