Mulai IU sampai RM BTS, Ini Rekomendasi Buku dari Idola KPop

Para idola KPop ini mengelola stres dengan membaca buku

Mulai IU sampai RM BTS, Ini Rekomendasi Buku dari Idola KPop
Photo by Oğuz Şerbetci from Unsplash

Siapa bilang KPop cuma membagikan hiburan? Bagi orang yang tidak tahu, KPop memang masih sering dicibir karena dunia hiburan telah sangat lama didominasi oleh sumber barat. Padahal ada banyak hal lain yang juga dibagikan oleh para idola KPop, seperti gaya hidup sehat, pemikiran soal kehidupan, motivasi, bahkan juga rekomendasi buku.

Tidak jarang juga para idola KPop terlihat menenteng buku di bandara atau di sela-sela acara. Bagi para idola KPop, membaca buku adalah cara mereka mengelola stres. Para KPopers pada akhirnya mengumpulkan buku-buku yang direkomendasikan idola KPop. Kalau kamu juga butuh bacaan baru, deretan rekomendasi buku ini juga bisa jadi reading-list yang selanjutnya lho!

1. IU-The Unbearable Lightness of Being (Milan Kundera) & No Longer Human (Dazai Osamu)

Sejak kecil, IU pernah menceritakan bahwa orang tuanya menerapkan budaya literasi di rumahnya. Sehingga, kebiasaan ini terbawa hingga ia dewasa. Buku berjudul "The Unbearable Lightness of Being" yang ia rekomendasikan adalah sebuah novel yang ditulis pada tahun 1982 dan diterbitkan dua tahun setelahnya.

Novel ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah tantangan dari penulisnya, Kundera terhadap filosofi Friedrich Nietzsche tentang eternal recurrence (pengulangan abadi). Persepsi Kundera terhadap pengulangan abadi ini kemudian dibawakan melalui kisah bertema cinta dan seks dari Tomaz, Tereza, Sabina, dan Franz.

Sedangkan buku kedua yang direkomendasikan IU, barangkali sangat cocok untuk kamu yang ingin mengeksplorasi pikiran dan jiwa manusia. No Longer Human disebut sebagai karya masterpiece yang ditulis Dazai Osamu.

Dengan sudut pandang orang pertama dan menyajikan topik bunuh diri, buku ini sampai dianggap sebagai wasiat Dazai. Karena, ia sendiri akhirnya mengakhiri hidupnya setelah part terakhir (sempat dipublikasi dalam bentuk seri) dari buku ini diterbitkan.

Rekomendasi buku idola KPop

2. Jisoo Blackpink-The Courage To Be Disliked (Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga) & The New York Trilogy (Paul Auster)

Sebagai seorang idola Korea, seberapa keraspun mereka berusaha tampil sebagai orang yang baik, haters akan selalu ada. Mungkin, alasan itulah yang membuat Jisoo Blackpink membaca "The Courage To Be Disliked ", yaitu untuk mencari penguat agar berani tidak disukai.

Tentu saja salah satu pesan yang disampaikan dalam buku tersebut adalah, ketika kamu mulai hidup untuk menyenangkan orang lain, saat itulah kamu melupakan dirimu sendiri.

Karena, bagaimanapun pendapat orang lain terhadap kita, itu adalah urusan mereka, bukan kita. 

Bagi para penyuka thriller seperti Jisoo, The New York Trilogy merupakan salah satu karya yang populer di antara mereka. Novel ini awalnya didebutkan dalam tiga volume yaitu, City of Glass (1985), Ghosts (1986), dan The Locked Room (1986) sebelum akhirnya dibukukan dalam satu volume The New York Trilogy.

Kisah detektif yang merangsang rasa penasaran sangat recommended buat kamu yang juga penggemar genre serupa. Selain dua buku ini, ada hampir 30 buku lain yang tampak dibaca Jissoo Blackpink. Salah satu pengarang favoritnya adalah Haruki Murakami

3. Jinyoung GOT7-The Girl on Paper (Guillaume Musso) & The Alchemist (Paulo Coelho)

Jinyoung GOT& adalah seorang pengunjung rutin perpustakaan, jadi tidak heran kalau rekomendasi buku yang ia sebutkan bisa serupa aliran sungai. Dua buku favoritnya yang ia rekomendasikan pada fans adalah novel genre fantasi dan kontemplatif.

"The Girl on Paper" adalah sebuah novel imajinatif yang sejak di awal cerita menantang bias realismu. Novel ini bercerita tentang seorang penulis bernama Tom yang harus putus dengan kekasihnya, Aurore, karena hubungan mereka terekspos.

Di tengah keputusasaan, seorang perempuan muda bernama Billie muncul. Bille mengaku sebagai tokoh dalam novel Tom yang jatuh dari halaman 266 karena salah cetak. Pada akhirnya mereka membuat kesepakatan agar Tom membuat Billie bisa kembali ke tempatnya dan Billie akan membantu Tom mencari Aurore.

Rekomendasi buku idola KPop

Sementara itu, dalam buku "The Alchemist", kita sebenarnya diajak berfilosofis meskipun terjemahan novelnya sendiri sangat nyaman dibaca.

Maksud "The Alchemist" atau "Sang Alkemis" ini sendiri bisa jadi maksudnya adalah, setiap orang sebenarnya dimaksudkan untuk menjadi seorang alkemis bagi diri dan hidup mereka sendiri.

Karena itulah dalam novel ini sebenarnya pembaca diajak mengenali diri sendiri dan berkeyakinan terhadap apa yang kita ingin lakukan. Tanpanya kita hanya mencari emas tanpa bisa menciptakannya sendiri.

4. Irene Red Velvet-Kim Ji Young Born in 1982 (Jo Nam Joo)

Pada awalnya, Irene Red Velvet sempat mendapat serangan haters dan berbagai macam kritik setelah ia diketahui membaca buku ini saat liburan. Maklum saja, Korea sendiri juga mengemban beban budaya patriarki.

Meski begitu, justru gara-gara hal ini "Kim Ji Young Born in 1982" mengalami kenaikan penjualan super pesat hingga 462.4% hingga akhirnya filmnya dibuat dan dirilis baru-baru ini.

"Kim Ji Young Born in 1982" adalah kisah seorang perempuan yang menjadi korban di lingkungan patriarkis. Cerita Kim Jin Young sebenarnya juga banyak diilhami oleh kisah hidup si penulisnya sendiri yang ia bilang tidak jauh berbeda.

Selain sikap protes terhadap budaya patriarki sendiri, buku ini juga mengingatkan akan kesehatan mental yang masih dirubung stigma keliru (banget). Kim Ji Young yang tumbuh dengan lingkungan seksis dan patriarkis pada akhirnya tidak sadar bahwa depresi diam-diam merayap ketika ia berusaha menjalankan peran 'seksis' yang ditetapkan oleh lingkungannya. 

5. RM BTS-Demian (Hermann Hesse)

Tidak perlu ditanya lagi seberapa cintanya leader dari grup BTS ini terhadap buku. Salah satu rekomendasi terpopuler dari RM yang juga sumber inspirasi untuk lagu "Blood, Sweat & Tears", adalah "Demian" karya Herman Hesse.

"Demian" sendiri sebenarnya merupakan kisah Emil Sinclair yang hidupnya berubah sejak mengenal Max Demian, sahabatnya. Dengan memberikan perspektif tentang jati diri, kesadaran diri, juga psikologi yang dipengaruhi oleh Carl Gustav Jung, buku ini menjadi terasa sangat 'berbobot'. Selain RM, beberapa idola KPop lain juga pernah membaca buku ini termasuk IU. 


Itulah beberapa rekomendasi buku yang diberikan oleh idola KPop. Seperti mereka, kamu juga bisa membaca buku-buku tersebut untuk meredakan atau mengelola stres. Yang pasti, seperti para idola ini, ambil tiap kesempatan kecil untuk membaca buku dan rasakan manfaatnya!