Pria, Ini 9 Kualitas yang Wanita Harapkan dari Kamu

Menurut kamu, wanita itu menginginkan pria yang seperti apa sih? Coba cermati 9 kriteria berikut, kamu sudah miliki semuanya belum?

Pria, Ini 9 Kualitas yang Wanita Harapkan dari Kamu
Photo by Gregory Hayes from Unsplash

"Maunya apa, sih?"

Kamu, pria terikat di bumi pertiwi yang sedang menatap deretan pesan rancu dari pasangan hidup kamu di layar ponsel. Atau kamu, pria yang baru saja berselisih maksud dengan gadis incaran kamu. Juga kamu deh, pria yang tidak sedang berurusan hati dengan wanita manapun.

Kalau katanya Sari Musdar,

"Kata-kata wanita itu biasanya bersayap."

Sudah bukan rahasia jika wanita cenderung menyampaikan maksud hatinya secara implisit, atau yang biasa kamu sebut sebagai kode. Bukannya memaparkan secara ringkas dan jelas, kebanyakan wanita justru lebih suka membawa kalimatnya mendaki gunung dan melewati lembah sebelum sampai ke maksud yang sebenarnya.

Bisa jadi wanita kamu memang kurang piknik.

Apapun alasannya, sebagai laki-laki atau pria dewasa yang menyikapi segala sesuatu dengan tegas, kamu mungkin akan sedikit banyak kesulitan dalam mengartikan dan memahami maksud si dia. Oleh karenanya, ketidakpahaman kamu sebagai pria juga tidak jarang loh menjadi sasaran omelan wanita.

Jangan panik!

Di bawah ini ada 9 kualitas yang umumnya wanita harapkan dari kamu para pria. Setelah membaca ini, semoga kamu bisa mengevaluasi pribadi kamu sendiri untuk menjadi pria yang benar-benar berkualitas ya, guys.

1. Menghormati Wanita

Pria menghormati pasangannya

Ini tentu adalah kualitas nomor satu yang diharapkan setiap wanita dari pria. Wanita tentunya sangat mendambakan laki-laki atau pria yang mampu menghormati mereka.

Hormat tidak sama dengan menjadi terbawahi. Kamu bisa menghormati wanita dengan cara-cara sederhana seperti kamu menghormati ibumu. Di antaranya; bersikap sopan, tidak berkata kasar, menghargai segala tindakannya, dan selalu ada ataupun bisa diandalkan ketika dia butuh kamu.

"Lelaki sejati selalu memandang wanita dengan hormat, bukan dengan mata jalang."

- Dyah Prameswarie

2. Mengingat Segala Hal Penting Buat Pasangan

Kalender untuk mengingat hari-hari penting dengan pasangan

Hari ulang tahun, genre film favorit, masakan yang tidak disukai, atau nama-nama sahabat dekatnya.

Wanita menyukai pria yang mampu mengingat detail-detail penting dalam hidupnya. Karena secara tak langsung, dari sini wanita bisa menilai seberapa besar kamu peduli dan menaruh perhatian pada dirinya.

"Cinta itu tentang perhatian. Bagaimana mungkin kamu yang cerdas, bisa mencintai orang yang mengabaikanmu?"

- Mario Teguh

3. Mau Mendengarkan

Mau mendengarkan nasehat pasangan

Kamu mungkin punya ego dan alasan pribadi untuk menolak dengar rentetan cerita si dia.

Tidak usah mengelak, sebuah buku dari Allan Pease ini sudah menjelaskan semuanya.

Namun pria, bagaimana pun pembelaan kamu, wanita memerlukan orang terdekatnya untuk bisa menjadi pendengar terhadap setiap cerita dan keluhannya.

Diam, dengarkan, lalu renungi. Cukup sesederhana itu.

Meskipun kamu tidak benar-benar setuju terhadap apa yang sedang dikisahkannya, dengarkan lah dahulu. Meskipun kamu punya banyak bantahan pada setiap kalimatnya, tebalkan dulu telingamu. Akan ada kesempatan lain untuk menyampaikan tanggapan kamu.

Wanita butuh untuk didengarkan.

4. Menunjukkan Sisi Lemah

Sisi Lemah dari seorang pria

Dalam banyak dongeng dan drama percintaan, pemeran utama pria umumnya digambarkan sebagai sosok yang kuat dan hebat. Ini perlahan memunculkan stigma bahwasanya pria idaman wanita adalah yang serupa demikian.

Kamu mesti ingat bahwa itu hanyalah kisah fiksi.

Kenyataannya, wanita mengagumi pria yang apa adanya dan tidak khawatir untuk menunjukkan sisi lemahnya di hadapan wanita pilihannya. Secara implisit, pria seperti itu sedang menunjukkan seberapa nyaman dan percaya ia pada seorang wanita, sehingga tak lagi tabu untuk terlihat konyol di hadapan pasangannya.

Tapi tentu saja ada batas-batas dan keseimbangan yang perlu kamu perhatikan jika ingin menunjukkan sisi lemah kamu pada seorang wanita. Jangan sampai ini justru mematikan langkah kamu dalam mengambil hatinya.

5. Tidak Posesif

Gambaran pria posesif

Sama halnya dengan kamu yang akan merasa risih jika wanita kamu menjadi pencemburu, begitu halnya dengan wanita. Wanita tidak menyukai pria yang posesif.

Bagaimanapun pembelaannya, posesif cuma bentuk lain dari ketidakpercayaan kamu terhadap pasangan.

"Sesekali, cewek itu butuh waktu khusus buat menggosipkan banyak hal yang cowok enggak perlu tahu."

- Arumi E.

6. Memaafkan

Permintaan maaf dari pacar

Selama menjalani hubungan percintaan, bukan tak mungkin lagi akan muncul satu atau dua selisih paham di antara kamu dan pasangan. Selama masih waras dan saling mencintai, kalian tentu tidak ingin dong, marah-marahan melulu?

Pria, kamu mesti sadar bahwa kamu tidak bisa terlalu banyak mengandalkan wanita yang cenderung terbawa perasaan dalam urusan semacam ini.

Meskipun kamu tahu betul ini bukan menjadi salah kamu, sebagai pihak yang mengandalkan kerasionalan, berbesar hati lah untuk memaafkan lebih dulu—bahkan sebelum dirinya minta maaf.

"Laki-laki yang tidak memaafkan wanita untuk kesalahan kecilnya, tak akan dapat menikmati kebaikan-kebaikannya yang besar."

- Khalil Gibran

7. Mengakui Kesalahan

Mau Mengakui Kesalahan

Tidak jauh berbeda dari poin sebelumnya. Jika yang berbuat kesalahan adalah kamu, akuilah, minta maaf, lalu perbaiki kesalahan kamu.

Wanita sangat mengagumi pria berhati besar. Tapi kamu tetap harus menjaga komitmen untuk tidak mengulang kesalahan yang sama, ya.

"Perempuan itu mudah memaafkan, susah melupakan. Sementara laki-laki mudah minta maaf, mudah mengulangi."

- Raditya Dika

8. Tahu Keinginan dan Tujuannya

Berdiskusi dengan pasangan

Ini juga sebagai penegas kamu untuk menjadi dan menunjukkan jati diri sendiri di hadapan pasangan.

Sebagai lelaki, kamu perlu tahu benar apa yang kamu inginkan dan hendak kamu capai. Menjadikan pasangan kamu aware terhadap beberapa keinginan kamu tidak lantas menjadikan kamu egois.

Wanita tentu akan sangat menghargai jika lelakinya bisa sepenuhnya bersikap jujur, terutama pada diri mereka sendiri. Bagaimana pun, kamu tidak sedang atau akan menjalani hubungan ini sendirian. Ada sosok lain di sana yang perlu untuk saling memahami dengan kamu.

Jangan sampai kamu terlalu asyik menyenangkan kekasih hati, hingga lupa menjadi diri kamu sendiri.

9. Stabil Secara Finansial

Menabung untuk masa depan sebagai pria mapan

Bagaimana pun mandirinya seorang wanita, mereka tetap menginginkan pria yang bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka. Ini bukan lagi soal materialis, melainkan tentang realistis.

Dikutip dari seorang psikolog, David Ludden, wanita tentu ingin bersama dengan pria yang bisa memberikan penghidupan yang layak buat dirinya dan calon anak-anaknya.

Kalau kamu masih belum merasa yakin terhadap kualitas kamu pada poin yang ini, manfaatkan lah kesempatan yang kamu miliki sekarang untuk memantaskan diri secara finansial.

Sebagaimana kata orang bijak,

Wanita mana sih, yang akan menolak pria mapan?


Kalau kamu sudah memahami setiap poin di atas dengan baik, sekarang waktunya mencocokkan masing-masing poin dengan kualitas yang kamu miliki saat ini. Karena bisa saja, keabsenan salah satu kualitas di atas menjadi sebab dasar tidak mulusnya hubungan kamu dengan wanita.

Memahami dan memantapkan kualitas diri sebagaimana yang wanita harapkan dari kamu, sejatinya memang perlu. Namun kamu harus tetap ingat untuk tidak membuang jati diri kamu yang sebenarnya, ya.

Memperbaiki kualitas diri bukanlah tentang menjadi orang lain.