Selain Mawar, Bunga-bunga Ini Juga Tepat untuk Eskpresikan Rasa Cintamu

Si Dia mulai bosan dengan buket mawar kiriman kamu? Mampir kemari, dan temukan inspirasi buket bunga lain dengan makna yang serupa seperti mawar.

Selain Mawar, Bunga-bunga Ini Juga Tepat untuk Eskpresikan Rasa Cintamu
Photo by Acharaporn Kamornboonyarush from Pexels

Buat kamu-kamu yang sedang dilanda kasmaran, mengekspresikan rasa sayang lewat bunga sudah bukan hal tabu lagi.

Bagi banyak orang, bunga tentu punya makna khusus sehingga seringkali dipilih sebagai bingkisan istimewa. Kate Greenaway di tahun 1987 bahkan pernah merilis sebuah kamus bahasa bunga dalam sebuah buku yang berjudul Language of Flowers.

Bahasa bunga atau yang disebut juga floriografi ini, sebetulnya sudah cukup populer digunakan di negara-negara maju seperti Inggris atau Jepang. Daripada menyampaikan secara lisan, masyarakat di sana lebih senang menggunakan bunga untuk mengomunikasikan banyak hal—terutama yang terkait dengan perasaan.

Sayangnya, di Indonesia sendiri, bahasa bunga belum cukup dikenal.

Meski demikian, kita semua pasti sudah sepakat kalau bunga mawar merah punya arti romantis atau ekspresi kasih sayang. Seperti katanya Bunda Elvi Sukaesih di dalam lagu Mawar Merah-nya.

"Bunga mawar merah suatu tanda cinta, yang berarti bahwa kau cinta padaku."

Untuk kamu kaum milenial yang mungkin sudah bosan dengan ekspresi rasa cinta yang umumnya disampaikan lewat bunga mawar, berikut ini ada bunga-bunga lain yang juga tepat untuk ekspresikan rasa cintamu:

1. Bunga Kamelia

Bunga Kamelia - Camellia Sinensis

Bunga dengan nama latin Camellia sinensis ini memiliki kekhasan pada bentuk mahkota bunganya yang bertumpuk atau berlapis-lapis. Wanginya yang harum serta pilihan warnanya yang beragam membuat bunga yang sebenarnya berasal dari keluarga teh ini cukup memikat untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Bunga kamelia sendiri memiliki makna tersendiri tergantung pada jenis warnanya. Kalau kamelia putih melambangkan kekaguman, kamelia pink justru menyimbolkan rasa rindu yang mendalam. Lain lagi dengan kamelia merah yang menyiratkan cinta dan keinginan yang kuat.

Kalau ingin menghadiahi bunga kamelia pada pasangan kamu, jangan lupa untuk memilih warna yang paling bisa menyampaikan perasaan kamu saat ini, ya.

2. Bunga Daisy

Bunga Daisy

Tahukah kamu?

Bunga daisy sebenarnya adalah dua bunga yang kemudian saling menyatu. Kelopaknya yang berwarna putih adalah bunga pertama, dan pusatnya yang berwarna kuning adalah bunga kedua. Alasan penyatuan ini kemudian memberikan arti cinta sejati pada bunga yang hanya mekar di siang hari saja ini.

Khusus untuk daisy putih, bunga yang masih satu keluarga dengan bunga matahari ini juga bisa diartikan sebagai kesetiaan cinta dan kesucian. Oleh karenanya, buket daisy cukup populer digunakan untuk melamar kekasih hingga acara pernikahan.

Karena bunga daisy dapat tumbuh sepanjang tahun, kamu bisa memesan buket daisy kapanpun untuk si dia yang terkasih.

3. Bunga Tulip

Bunga Tulip warna warni

Meskipun merupakan bunga nasional negeri Kincir Angin, Belanda, bunga tulip sebetulnya berasal dari pegunungan negara-negara Asia seperti Kazakhstan. Bentuk khasnya yang tinggi, ramping, dan elegan dengan berbagai warna-warni cantik, menjadikan bunga ini lekas populer dan diminati banyak orang.

Seperti halnya bunga mawar, bunga yang memiliki lebih dari 75 spesies ini, pun menyimbolkan rasa cinta dan kasih sayang—khususnya untuk bunga tulip yang berwarna merah.

Dikarenakan menyukai iklim daerah subtropis untuk tumbuh dan berkembang, bunga tulip jarang bisa dibudidayakan di negara tropis seperti Indonesia. Namun tak perlu khawatir, saat ini ada banyak toko bunga yang menyediakan bunga cantik ini.

Tertarik dengan bunga nan anggun ini? Sebatang tulip merah dengan sekotak cokelat tentunya bisa jadi kado sederhana nan romantis di hari istimewa kamu dan pasangan.

"Jangan salah mengirimkan tulip berwarna kuning untuk orang tersayang, ya, karena ini bisa berarti penolakan cinta."

4. Bunga Anyelir

Bunga Anyelir

Bunga yang juga dikenal dengan nama Carnation ini punya makna cinta yang sangat dalam. Tidak hanya melambangkan cinta sejati, namun bunga dengan kelopak bergelombang ini juga mengisyaratkan penghormatan.

Di berbagai daerah, bunga anyelir tidak hanya dipilih untuk mendekorasi upacara pernikahan. Acara-acara lain seperti Hari Ibu, Hari Guru, bahkan upacara kematian di beberapa daerah juga sering melibatkan bunga yang telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu ini.

Pesan cinta dan hormat yang sangat kuat dibawa oleh bunga anyelir, kembali mengingatkan kita bahwa perasaan cinta tidak pernah bermakna sempit.


Bagaimana?

Sudah bisa memilih buket bunga selain mawar untuk menyampaikan rasa cinta kamu?

Kalau masih bingung, memadu padankan berbagai jenis dan warna bunga juga bisa jadi salah satu opsi yang menarik.

Toh, yang namanya cinta kan juga punya banyak rasa.