Tak Gemar Olahraga? Lakukan 5 Cara Ini untuk Tetap Sehat

Mau hidup sehat, tapi malas olahraga. Bisa gak ya?

Tak Gemar Olahraga? Lakukan 5 Cara Ini untuk Tetap Sehat
Photo by Marion Michele from Unsplash

Sebagaimana kata seorang Mahatma Gandhi,

"Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak."

Semua orang tentu ingin hidup sehat, tidak terkecuali kamu. Namun, sebagaimana yang sering didengungkan di pelajaran Olahraga ketika SD, bahwa untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, tentu harus dibarengi dengan olahraga.

Sayangnya, di zaman serba sibuk seperti sekarang, olahraga jarang menjadi opsi yang menarik. Kamu mungkin salah satu yang disibukkan oleh rutinitas kerja di hari Senin sampai Jumat selama 40 jam, sehingga kerap mendoktrin diri bahwa Sabtu dan Minggu adalah harinya istirahat.

Weekend adalah harinya istirahat. Oh, atau mungkin maksud kamu adalah hari bermalas-malasan.

Mari sedikit merenung. Seiring dengan usia yang semakin bertambah, kondisi tubuh kamu justru akan mengalami penurunan daya. Terlebih dengan padatnya aktivitas kamu selama weekday, menjaga tubuh tetap prima adalah sebuah keharusan.

Namun lagi-lagi, ketika sampai di akhir pekan, godaan dan berbagai excuse untuk bermalas-malasan agaknya susah untuk ditolak.

Buat kamu yang tak gemar berolahraga, namun juga ingin menjaga tubuh tetap sehat dan prima, 5 cara berikut ini perlu masuk ke dalam to do list kamu.

1. Menjadi Lebih Aktif

Menjadi lebih aktif dengan rutin berjalan kaki

World Health Organization pernah menyebutkan dalam salah satu artikelnya bahwa aktivitas fisik yang rutin sangat diperlukan oleh setiap orang, khususnya pada rentang usia 18-64 tahun. Sedikitnya, kamu memerlukan 150 menit aktivitas fisik dalam seminggu untuk menjaga badan tetap optimal.

Aktivitas fisik yang dimaksud di sini tidak hanya tentang olahraga, ya. Kamu bisa mengakali untuk menjadi lebih aktif dengan tidak duduk terlalu lama, bahkan dengan hanya membiasakan hal-hal seperti berikut:

  • Menggunakan transportasi umum,
  • Menggunakan tangga ketimbang lift atau eskalator,
  • Berjalan kaki ke tempat berbelanja atau membeli makan siang,
  • Peregangan ringan di sela aktivitas,
  • Membersihkan rumah, atau
  • Menciptakan hobi yang banyak melibatkan gerakan seperti memasak dan berkebun.

Dalam 150 menit per minggu yang dimaksud oleh WHO tersebut, bukan beban atau jenis aktivitasnya yang penting, namun lebih kepada tentang seberapa konsisten kamu untuk bergerak aktif selama rentang waktu tersebut.

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Buah-buahan untuk pola makan sehat

Memilih makanan juga perlu menjadi sorotan pagi para pegiat hidup sehat. Jenis makanan sehat yang disarankan sebetulnya tidak jauh berbeda dari konsep 4 sehat 5 sempurna yang sering dikampanyekan di sekolah.

Berikut daftar makanan sehat yang dapat menjadi pilihan kamu:

  • Kacang-kacangan beserta polong-polongan,
  • Daging, di antaranya; daging sapi rendah lemak, dada ayam, atau daging domba,
  • Telur,
  • Buah-buahan, seperti; pisang, apel, atau jeruk,
  • Sayur-sayuran, seperti; wortel, brokoli, timun, atau tomat,
  • Makanan laut, seperti; ikan, kerang, atau udang;
  • Gandum dan roti,
  • Umbi-umbian, seperti kentang,
  • Susu dan olahannya, termasuk; keju dan yogurt, atau bahkan
  • Dark chocholate.

Tidak hanya soal jenis makanan yang perlu dikonsumsi, namun juga tentang jenis makanan yang perlu dihindari.

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama, bahwa salah satu jenis makanan yang perlu dihindari jika ingin hidup sehat adalah makanan cepat saji. Sebuah penelitian dari Iran bahkan pernah mengungkap dampak buruk konsumsi fast food terhadap kesehatan—khususnya obesitas dan penyakit jantung.

Jika gaya hidup sehat menjadi preferensi kamu, saatnya mengurangi konsumsi fast food dan makanan instan lainnya, ya. Pertimbangkan untuk memasukkan makanan-makanan sehat di atas ke dalam menu harian kamu.

3. Tetap Terhidrasi

Minum air putih untuk terhindar dari dehidrasi

Dengan kondisi cuaca di negeri ini yang kerap membuat kamu bermandikan keringat, menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi adalah hal yang mutlak. Apalagi kalau mengingat tubuh manusia umumnya terdiri dari 60% air.

Air sendiri penting bagi tubuh tidak hanya untuk menjaga diri tetap terhidrasi, namun juga untuk detoksifikasi—salah satunya untuk membersihkan ginjal agar terhindar dari penyakit-penyakit tertentu, seperti batu ginjal.

Batasi asupan cairan kamu melalui air mineral atau buah-buahan yang berair. Minuman ringan dengan berbagai rasa tidak disarankan untuk menangani dehidrasi, dikarenakan kandungan gulanya yang justru berimbas pada semakin bertambahnya rasa dahaga.

4. Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas untuk gaya hidup sehat

Untuk mengimbangi banyaknya aktivitas yang kamu lakukan dalam sehari, sudah selayaknya tubuh juga mendapatkan waktu istirahat yang sepadan, minimal 6 jam sehari. Ini tidak lain untuk mempersiapkan diri kamu agar dapat menghadapi hari esok dengan kondisi yang bugar.

Berikut cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tidur berkualitas:

  • Membiasakan diri untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya,
  • Tidur dengan lampu padam,
  • Tidur siang secukupnya agar tidak kesulitan tidur di malam hari (batasi tidur siang sekitar 15-20 menit),
  • Hindari menatap layar komputer, televisi, atau ponsel, di 1-2 jam sebelum waktu tidur,
  • Banyak beraktivitas di siang hari, serta
  • Tidak minum kopi di malam hari.

5. Manajemen Stres

Yoga sebagai salah satu metode relaksasi

Dikutip dari Wikipedia, stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan dalam memenuhi keinginan atau kebutuhannya. Tekanan ini sendiri dapat timbul dari dalam atau luar diri individu yang bersangkutan.

Stres memang dapat dianggap positif ketika dapat menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas diri.

Sebaliknya, selain berdampak pada keteraturan mental, stres juga punya berbagai dampak pada kesehatan, di antaranya; menurunkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, hingga menambah berat badan.

Oleh karenanya, manajemen stres sangat diperlukan jika menginginkan hidup yang sehat, baik sehat secara fisik maupun mental. Berikut cara mengendalikan stres yang telah dirangkum untuk kamu:

  • Terlibat dalam aktivitas fisik untuk mengalihkan energi yang muncul dari stres ke kegiatan positif nan melelahkan lainnya,
  • Mencoba teknik relaksasi, seperti; yoga, teknik pernapasan, atau merapalkan kalimat-kalimat positif yang menginspirasi,
  • Curhat dengan teman dekat,
  • Memikirkan tentang penyelesaian masalah,
  • Membesarkan hati dan menerima masalah dengan lapang dada.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, olahraga tidak menjadi satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan. Karena itu, buat kamu yang tak gemar berolahraga, sangat perlu untuk memfokuskan atensi kamu kepada 5 cara yang telah dipaparkan di atas.

Jangan tunggu sakit. Yuk, mulai gaya hidup sehat dari sekarang.