Ternyata Banyak Sekali Google Tools yang Belum Kita Tahu, Apa Saja?

Hingga tahun 2018 saja, total Google services semuanya ada 257. Dari ratusan layanan tersebut, jumlah yang kita gunakan paling tidak sampai dua puluh. Sisanya apa saja ya?

Ternyata Banyak Sekali Google Tools yang Belum Kita Tahu, Apa Saja?
Photo by Caio Resende from Pexels

Ada beberapa alasan kenapa kita tidak tahu dan mencoba Google tools yang tidak terlalu umum. Pertama, kita dan orang dan orang-orang di sekitar kita terbiasa menggunakan layanan Google yang mirip, jadi tidak ada yang memantik wacana untuk mencoba layanan yang lain.

Kedua, kita mungkin terbiasa mencari dan menggunakan layanan secara random dari berbagai developer teknologi. Nah, ternyata Google punya ratusan layanan yang banyak dari kita tidak tahu dan belum coba lho. Meskipun tidak semua bisa dipaparkan di sini, sederet layanan ini barangkali kamu butuhkan kedepannya!

1. Dartr

Dartr adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Dartr dapat digunakan untuk membangun aplikasi server, dekstop, dan seluler.

2. Aardvark

Layanan ini pertama kali dimiliki oleh Google pada tahun 2010. Layanan berbasis sosial ini memperbolehkan para penggunanya bertanya dan menjawab dengan satu sama lain. 

3. Google What About Me

Kegunaan layanan Google satu ini adalah untuk mengontrol apa yang bisa dan tidak bisa dilihat orang lain dari akun Google-mu. 

4. Google Account Activity

Untuk mengetahui bagaimana aktifitasmu menggunakan berbagai layanan Google dalam sebulan, kamu bisa menggunakan layanan Google satu ini. 

5. Android TV

Bagi kamu yang mencari sumber tontonan atau game untuk bersantai, kamu bisa menggunakan layanan satu ini. Dengan hanya mengatakan "ok Google", kamu bisa mengakses hiburan terbaru. 

6. Google Creative Lab 5

Google Creative Lab adalah sbeuah tim interdisiplin, mulai dari penulis, animator, produser, dan sebagainya. Tiap tahunnya tim ini akan mengundang 5 orang kreatif untuk mengikuti program berbayar selama setahun bersama mereka.

Dalam program ini, para peserta akan berkolaborasi dan didampingi mentor. Mereka juga akan mengerjakan berbagai proyek Google baik dalam skala besar ataupun kecil.

7. Google Cultural Institute

Layaknya museum virtual, layanan ini bekerja sama dengan banyak institusi untuk menyajikan informasi mengenai berbagai koleksi seni dunia.

8. Google Currents

Mungkin kamu belum tahu kalau Google juga punya layanan yang mendekatkan kita dengan berbagai berita terbaru tiap hari. Layaknya membaca koran ataupun majalah, layanan ini menyajikan berbagai informasi terkini.

9. Google Daydream

Untuk kamu yang ingin menikmati pengalaman merasakan virtual reality, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Tetapi untuk menikmati layanan ini tentu saja kamu harus menggunakan headset khusus, dan tidak semua tipe ponsel kompatibel dengan layanan ini. 

10. Google Duplex

Bagi kamu yang mungkin menyederhanakan beberapa pekerjaanmu, kamu bisa menggunakan layanan ini. Google Duplex membuat penggunanya dapat menyelesaikan pekerjaan semacam menyusun agenda. Jadi penggunanya melakukan semacam percakapan dengan sistem AI (artificial intelligence) yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan.

11. Google Earth

Layanan ini adalah program yang menyajikan tampilan 3D bumi berdasarkan citra satelit. Google Earth juga bisa lho didownload melalui ponsel ataupun tablet.

12. Google Expeditions

Dalam website resminya, Google Expeditions mengatakan bahwa guru dapat menyajikan pengalaman menjelajah virtual melalui objek 3D dan juga pemandangan 360 derajat.

13. Google Express

Jika umumnya kita mengenal Shopee, Tokopedia, dan semacamnya, Google Express juga memberikan kebutuhan yang sama. Layanan ini menghubungkan pelanggan dan penjual dengan berbagai produk mulai dari elektronik, kebutuhan rumah & taman, dan kecantikan, dan sebagainya.

14. Google Finance

Bagi kamu yang sedang mencari berbagai informasi mengenai investasi, Google Finance akan menampilkan informasi yang skalanya luas, berisi tentang berbagai info saham, perusahaan, dan sebagainya.

15. Google Flights

Mungkin kamu belum tahu kalau Google juga menyediakan layanan yang memberikan informasi mengenai jadwal penerbangan hingga tarif terendah, dan bahkan berbagai destsinasi wisata yang menarik.

16. Google Hotel Finder

Nah, untuk kamu yang sedang merencanakan perjalanan wisata, kamu bisa banget mencari rekomendasi hotel yang tepat dari layanan Google satu ini. Layanan ini tidak hanya menyajikan foto dan review hotel-hotel saja, tetapi juga berbagai spot wisata menarik di kota yang kamu tuju.


Itu dia sederet layanan Google yang belum terlalu terjamah. Ternyata Google mempunyai layanan lengkap yang mempermudah berbagai kebutuhan hidup ya. Tidak jarang layanan-layanan tersebut memiliki fitur yang beda dari yang lain.