Tips Permak Kamar yang Mudah Ala Earthy-Hygge!

Because simple is the new luxury!

Tips Permak Kamar yang Mudah Ala Earthy-Hygge!
Photo by Patrick Perkins from Unsplash

Pasti ada yang bertanya-tanya dengan maksud dua kata terakhir judul di atas. Oke, earthy home adalah sebuah konsep desain hunian yang memasukkan elemen-elemen organik, dan dengan sengaja menampakkan kesan natural itu sendiri.

Nah, cara menghadirkan elemen alam itu sendiri bisa melalui benda-benda alami seperti kayu, bebatuan, atau tumbuhan, dan bisa juga menghadirkan mereka lewat tekstur. 

Sedangkan hygge (dibaca hoo-gah) adalah konsep yang dilahirkan orang Denmark pada abad ke 18 untuk menikmati musim dingin. Konsep gaya hidup hygge menekankan bagaimana menikmati hidup dengan cara yang sangat simpel dan sederhana.

Lalu, semakin berkembangnya kreatifitas para desainer hunian, konsep hygge juga akhirnya diadaptasi menjadi desain interior dan eksterior. Nah, hal yang menarik dari gaya interior earthy dan hygge house adalah, keduanya memiliki beberapa kesamaan. Sehingga, sekarang ini banyak sekali rumah-rumah millenial yang mengadaptasi gaya tersebut.

Mungkin kalau di Indonesia belum seberapa populer, tapi sebenarnya sudah ada sebagian orang yang menerapkan gaya interior ini. Jika kamu tertarik, ada beberapa tips mudah untuk mempermak kamar tidurmu dengan konsep earthy-hygge!

1. Cat tembok kamarmu dengan warna tanah yang terang

Cat tembok dengan warna tanah
Baik earthy ataupun hygge home, keduanya memiliki kesamaan di mana memakai warna-warna khas alam dan simpel. Jadi, kira-kira ada tiga warna rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecat tembok kamarmu:

  • Tone putih (bisa putih tulang, atau shade warna putih yang lainnya)
  • Tone nude (mulai dari warna cream, beige, dan sebagainya)
  • Tone abu-abu (bisa abu-abu muda, atau abu-abu lain yang kamu suka)

Menggunakan warna tanah seperti ketiga tone di atas akan memudahkanmu untuk memilih warna kain atau perabot yang akan kamu pajang di kamar.

Selain itu, karena baik earthy maupun hygge mengusung konsep hunian yang light, atau ringan, warna-warna simpel sangat cocok dengan mereka. Dan ingat lagi, konsep hygge adalah tentang bagaimana menikmati kesederhanaan.

2. Hiasan minimalis tapi ber-statement

Hiasan minimalis yang unik
Untuk mendekorasi kamar dengan konsep ini, kamu tidak membutuhkan banyak hiasan, apalagi yang warna warni. Cukup satu-dua hiasan yang bisa memberi statement pada ruanganmu, baik itu lukisan, gambar, ataupun foto. Dan tentu saja, kamu tidak bisa asal memasang mereka.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat agar konsep ini tidak amburadul karena kesalahan memilih hiasan:

  • Pilih warna yang senada dengan warna tembok. Nah, berhubung warna tembok dan segala perabot mengusung warna yang sangat simpel, tentu tidak cocok dong kalau hiasan dinding tiba-tiba muncul dengan konsep yang berbeda.

Tapi, kamu juga bisa memajang hiasan dinding yang memiliki gradasi warna, asal tidak terlalu mencolok, sehingga ruanganmu akan terkesan lebih dinamis. 

  • Kamu bisa memberikan kesan yang lebih hidup lewat hiasan dinding. Misalnya, selain foto, kamu bisa memajang kain rajut, atau berbagai hiasan lain yang menghasilkan visual bertekstur.
  • Satu lagi hal terpenting dalam keseharian orang Skandinavia adalah, mereka selalu memiliki sebuah sudut untuk duduk sambil membaca buku atau sekedar bersantai sambil melakukan hal apapun.

Nah, kamu bisa menambahkan sofa, kursi empuk, atau bantalan besar di sudut yang menurutmu nyaman untuk sekedar mendengar musik, membaca buku, melihat ke arah luar rumah, dan sebagainya. 

3. Memilih perabot yang sesuai

Perabot untuk Skandinavian home
Tidak lucu dong, ketika kamu mengecat tembok dengan konsep earthy-hygge tapi ternyata perabotmu masih tidak sejalan. Memang sih, ketika mempermak ruang kamar, kita maunya yang semurah mungkin. Karena itulah, ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan dengan mode hemat. 

  • Pertama, bahan perabot yang paling cocok untuk konsep earthy-hygge adalah kayu. Mungkin kamu tidak perlu membeli semua perabot baru. Untuk tempat tidur, kamu bisa mengganti konsep dipan menjadi kasur lantai agar terkesan lebih santai.

Kemudian, untuk beberapa perabot lain seperti lemari ataupun meja, jika awalnya cat mereka tidak sesuai dengan tema ini, kamu bisa mengecat ulang dengan warna putih atau warna tanah lain seperti contoh warna tembok di atas. 

  • Kedua, kamu bisa membuat sendiri beberapa DIY untuk membuat rak, meja kecil, ataupun perabot lain yang kamu butuhkan. Mungkin kamu tahu box kayu yang biasanya digunakan pedagang buah untuk menyimpan dagangannya?

Nah, di berbagai sumber, kamu bisa menemukan contoh-contoh kreatifitas pertukangan menggunakan bahan tersebut. Malah terkadang, ada beberapa tips yang sama sekali tidak membutuhkan keahlian pertukangan.

Kalau dua ide di atas untuk mode super irit, trik di bawah ini bisa kamu gunakan jika kamu memiliki budget lumayan.

  • Pertama, kamu bisa menjual perabot lama dan menambahkan uangnya untuk membeli perabot baru. Agar kamu dapat perabot baru yang murah, kamu bisa memesan atau membeli bahan-bahan sendiri dan meminta jasa orang lain untuk membuatnya. 
  • Kedua, kamu bisa hunting barang di toko perabot indie. Biasanya para perajin indie ini dapat ditemukan di Instagram, dan kebanyakan barang yang mereka hasilkan sangat cocok dengan konsep anak muda yang menyukai gaya earthy dan unik. 

4. Menghadirkan kesan yang alami dan apa adanya

Menghadirkan kesan alami dalam rumah
Baik earthy ataupun hygge, keduanya berprinsip brings outdoor in, membawa suasana alam ke dalam rumah. Nah, prinsip ini bisa dihadirkan melalui benda dan juga tekstur. Ada beberapa tips yang sangat mudah untuk menghadirkan kesan tersebut, yaitu:

  • Kamu tidak harus meletakkan tumpukan buku di atas rak. Cukup tumpuk buku dengan tidak terlalu rapi di samping tempat tidurmu. Kamu juga bisa meletakkan sesuatu di puncaknya, seperti lampu tidur, jam weker, atau sebagainya.

Tumpukan buku yang terkesan dibiarkan ini justru akan menambahkan estetika tersendiri di kamarmu.

  • Masih tentang menghadirkan nuansa alami, di kamarmu pasti membutuhkan beberapa benda berbahan kain seperti sprei, karpet, gorden, dan sebagainya. Agar konsep benda-benda tekstil ini sejalan dengan ruangan, jangan menggunakan tekstil bermotif, melainkan pilih yang polos saja.

Tenang saja, untuk menghindari kesan membosankan, kamu bisa memilih beberapa bahan tekstil dengan tesktur berbeda, sehingga, ruang kamarmu akan terasa lebih memiliki tone sendiri.

Misalnya, kamu bisa menggunakan sprei dengan perpaduan warna mulai abu-abu hingga putih, lalu kamu bisa memasang karpet bertekstur bulu atau anyam agar tampilan lantai terlihat lebih variatif. 

  • Tambahkan rak di atas tempat tidurmu untuk meletakkan beberapa tanaman dan lilin aromaterapi.

Mengapa harus menambahkan lilin? Sebenarnya tidak harus, tapi jika kembali ke asal dari konsep hygge ini, orang Denmark sangat menyukai lilin, jadi kamu bisa menambahkannya untuk merilekskan pikiran sekaligus hiasan yang cantik.

  • Selain itu, karena konsep earthy dan hygge sama-sama brings outdoor in, tanaman adalah sesuatu yang wajib. Jika kamu cukup sibuk, kamu bisa menghiasi kamarmu dengan tanaman jenis sukulen yang tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan.

Kamu juga bisa menambahkan kesan yang lebih segar di area vertikal dengan cara memasang tanaman berdaun menjuntai di dekat jendela atau di manapun tempat yang sesuai. Tapi, agar kesan alami semakin terlihat, tambahkan satu tanaman berukuran besar di atas lantai. Dan kamu bisa meletakkannya di sudut ruang atau dekat perabot-perabot utama. 

Manfaat interior earthy-hygge bagi yang super sibuk

Itu dia beberapa tips mudah mempermak kamar ala earthy-hygge. Bagi kamu yang super sibuk, gaya interior ini sangat bermanfaat karena:

  • Minim perabot, sehingga tidak membutuhkan pembersihan dan perawatan terlalu sering.
  • Adanya tanaman sangat baik untuk menjaga mood kamu dan merilekskan pandangan. Selain itu, tanaman adalah filter debu alami yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ataupun di luar ruang.
  • Gaya interior yang santai akan selalu membuatmu rileks tiap kali pulang ke rumah dalam keadaan lelah.


Jadi, pada intinya, mendekorasi ulang kamar dengan tema earthy-hygge adalah dengan menghadirkan suasana alami ke dalam rumah, melalui perabot-perabot bernuansa kayu, bertekstur alami, dan barang-barang berwarna basic yang simpel dan sederhana.

Dan juga, tanaman adalah hal wajib yang harus dihadirkan dalam konsep ini. Intinya, tema interior ini adalah bagaimana menjadi effortless!